PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KEPALA DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v2i2.9894Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu permasalahan terkait kualitas pelayanan publik yang disebabkan oleh budaya organisasi. Perumusan masalah pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi, kualitas pelayanan publik dan seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Bantarjati.
Data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui penelitian langsung di lapangan. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 57 orang dan diambil sebagai sampel sebanyak 50 orang, dengan nilai presisi 95%. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kualitas pelayanan publik secara deskriptif nilainya tergolong baik. Sedangkan secara kauntitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat dari budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik, yang apabila dipersentasikan nilainya adalah 57,5% dan sisanya 42,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel budaya organisasi.
Secara garis besarnya kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan budaya organisasi yang baik secara empiris akan berdampak positif terhadap kualitas pelayan publik di Kantor Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka.
Kata Kunci:
Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan Publik.Unduhan
Referensi
A.S. Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Amstrong Michael, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Elexmedia Komputindo. Jakarta.
Diana Angelica, 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Edison, Anwar, Komariyah, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung:
Alfabeta.
Handayaningrat Soewarno, 2002. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung.
Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.
Hasibuan Malayu, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.
Keban T. Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Gava Media. Yogyakarta.
Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja. Rosdakarya. Bandung.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pabundu Tika.2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Pasolong Harbani, 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta.
Ratminto & Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Riduwan, 2011. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rivai Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siagian Sondang P, 2008. Filsafat Administrasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Silalahi Ulber, 2011. Asas-Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.
Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: BumiAksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.
Tjiptono, Fandy, 2000, Manajemen Jasa, Edisi Ketiga, Andi Offset, Yogyakarta
Wibowo. 2013. Budaya Organisasi. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Deni Herdiana, Detri Kurnia Nugraha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work