PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KEPALA DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA

Penulis

  • Deni Herdiana Universitas Majalengka
  • Detri Kurnia Nugraha Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v2i2.9894

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu permasalahan terkait kualitas pelayanan publik yang disebabkan oleh budaya organisasi. Perumusan masalah pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi, kualitas pelayanan publik dan seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Bantarjati.

Data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui penelitian langsung di lapangan. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 57 orang dan diambil sebagai sampel sebanyak 50 orang, dengan nilai presisi 95%. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kualitas pelayanan publik secara deskriptif nilainya tergolong baik. Sedangkan secara kauntitatif hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat dari budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik, yang apabila dipersentasikan nilainya adalah 57,5% dan sisanya 42,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel budaya organisasi.

Secara garis besarnya kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan budaya organisasi yang baik secara empiris akan berdampak positif terhadap kualitas pelayan publik di Kantor Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka.

Kata Kunci:

Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan Publik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.S. Moenir. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Amstrong Michael, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Elexmedia Komputindo. Jakarta.

Diana Angelica, 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Edison, Anwar, Komariyah, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung:

Alfabeta.

Handayaningrat Soewarno, 2002. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Masagung.

Hardiansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Hasibuan Malayu, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Keban T. Yeremias. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Gava Media. Yogyakarta.

Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja. Rosdakarya. Bandung.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pabundu Tika.2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Pasolong Harbani, 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung: CV Alfabeta.

Ratminto & Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Riduwan, 2011. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rivai Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siagian Sondang P, 2008. Filsafat Administrasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Silalahi Ulber, 2011. Asas-Asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: BumiAksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.

Tjiptono, Fandy, 2000, Manajemen Jasa, Edisi Ketiga, Andi Offset, Yogyakarta

Wibowo. 2013. Budaya Organisasi. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Unduhan

Abstract Views : 166
Downloads Count: 71

Diterbitkan

2024-06-10

Cara Mengutip

Herdiana, D., & Kurnia Nugraha, D. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KEPALA DESA BANTARJATI KECAMATAN KERTAJATI KABUPATEN MAJALENGKA. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v2i2.9894

Terbitan

Bagian

Articles