Pemasaran Online: Keputusan Konsumen Dipengaruhi Oleh Diskon dan Ulasan Online

Penulis

  • Azzahra Shafira Universitas Asa Indonesia
  • Meylani Tuti Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9628

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ulasan pelanggan online dan harga diskon melalui kepercayaan merek mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah Migli. id konsumen yang melakukan pembelian online pada bulan November dan Desember 2023. Dengan menggunakan teknik Accidental Sampling diperoleh 226 sampel. Metode analisis yang dilakukan menggunakan Structure Equation Model dan menggunakan Smart PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yaitu review pelanggan online dan harga diskon mempunyai pengaruh yang baik terhadap kepercayaan merek dan keputusan pembelian. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah kepercayaan merupakan hal penting yang harus diperjuangkan penjual dalam memasarkan produknya karena hal itulah yang akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Kata Kunci:

Harga Diskon, Keputusan Pembelian, Ulasan Pelanggan Online, Kepercayaan Merek

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Baek, H., Ahn, J., & Choi, Y. (2012). Kegunaan Ulasan Konsumen Online: Tujuan Pembaca dan Isyarat Tinjauan. Jurnal Internasional Perdagangan Elektronik , 17 , 99–126. https://doi.org/10.2307/41739513

Chaudhuri, A., & Holbrook, MB (2001). Rantai pengaruh dari kepercayaan merek dan pengaruh merek terhadap kinerja merek: Peran loyalitas merek. Jurnal Pemasaran , 65(2) , 81–93.

Cheung, CMK, & Thadani, DR (2012). Dampak Komunikasi Elektronik dari Mulut ke Mulut: Analisis Sastra dan Model Integratif. Sistem Pendukung Keputusan , 54 (1), 461–470. https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.06.008

Delgado‐Ballester, E. (2004). Penerapan skala kepercayaan merek di seluruh kategori produk: Analisis invarian multigrup. Jurnal Pemasaran Eropa , 38 (5–6), 573–592. https://doi.org/10.1108/03090560410529222

Delgado, E., & Munuera, J.-L. (2005). Apakah Kepercayaan Merek Penting bagi Ekuitas Merek? Mei 2005 , 187–196. https://doi.org/10.1108/10610420510601058

Filieri, R. (2015). Apa yang Membuat Ulasan Online Bermanfaat? Kerangka Adopsi Diagnostisitas untuk Menjelaskan Pengaruh Informasi dan Normatif dalam E-WOM .

Keller, A., Vogelsang, M., & Totzek, D. (2022). Bagaimana Menampilkan Diskon Harga Dapat Mengurangi Reaksi Negatif Pelanggan terhadap Penetapan Harga Dinamis. Jurnal Riset Bisnis , 148 (April), 277–291. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.027

Khammas, M. (2008). Electronic Word-of-Mouth: Anteseden Membaca Ulasan Pelanggan di Platform Opini Online: Studi Kuantitatif dari Pasar Inggris. Konferensi Internasional IADIS , 79.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Dalam Manajemen Pemasaran . Penerbitan Kustom Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip PEMASARAN (Edisi ke-17E). Pearson pendidikan, Inc.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, MO (2018). Prinsip Pemasaran (Pearson Education Limited (ed.); edisi ke-17). Data Katalogisasi Perpustakaan Inggris dalam Publikasi.

Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen Pemasaran Edisi Global (Vol.15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Pentingnya Review Produk Online dari Perspektif Konsumen . 1 (1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla . 6 (1), 139–154.

Lee, JE, & Yu, JHC (2018). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Persepsi Konsumen Terhadap Penghematan, Kualitas, dan Nilai Produk Pakaian Jadi : Pengaruh Mediasi Pengaruh Diskon Harga. Mode dan Tekstil . https://doi.org/10.1186/s40691-018-0128-2

Mo, Z., Li, Y., & Fan, P. (2015). Pengaruh Ulasan Online terhadap Perilaku Pembelian Konsumen . Juni , 419–424.

Nita, L., Pasi, K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang) . 10 , 1–12.

Nurita, AR, & Wijayanti, RF (2021). Pengaruh Iklan dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee . 2019 , 165–168.

Putri, YG, Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Malang) . 79–88.

Rukmayanti, & Fitriana. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian . 1 (6), 780–784. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.809

Soraya, NW, & Santosa, SB (2023). Pengaruh Promo Pengembalian Dana , Dompet Digital Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Dompet Digital Gopay Di Indonesia) . 12 , 1–9.

Sugiyono. (2018). Sugiyono (2018) - Metode Penelitian Manajemen.pdf .

Thomas, M., Wirtz, BW, & Weyerer, JC (2019). Penentu Kredibilitas Tinjauan Online dan Dampaknya terhadap Niat Beli Konsumen . 20 (1), 1–20.

Umma, N., & Nabila, R. (2023). View of Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Generasi Z).pdf .

Wahyu, M., Santoso, B., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee ( Studi Kasus Masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember ) . 2 (1), 24–29.

Wulandari, NMR, & Nurcahya, IK (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana , 4 (11), 3909–3935.

Xu, Y., & Huang, J.-S. (2014). Pengaruh Diskon Harga dan Paket Bonus terhadap Pembelian Impuls Online. Penerbit Jurnal Ilmiah .

Yoo, B., & Donthu, N. (2001). Mengembangkan dan memvalidasi skala ekuitas merek berbasis konsumen multidimensi. Jurnal Riset Bisnis , 52 (1), 1–14. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00098-3

Yulianty, PD, & Mauludy, A. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Varian Bedak (Studi Penelitian Pelanggan Wardah Beauty Konter Majalengka). Nilai : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi , 14 (2), 252–261. https://doi.org/10.32534/jv.v14i2.782

Zheng, D., Chen, Y., Zhang, Z., & Che, H. (2022). Tingkat Diskonto Harga Eceran dan Ketidakpastian Kualitas yang Dirasakan. Jurnal Ritel , 98 (3), 542–557. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2021.12.001

Unduhan

Abstract Views : 248
Downloads Count: 198

Diterbitkan

2024-07-23

Cara Mengutip

Shafira, A., & Tuti, M. (2024). Pemasaran Online: Keputusan Konsumen Dipengaruhi Oleh Diskon dan Ulasan Online. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 174–187. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9628

Terbitan

Bagian

Articles