Penerapan Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dilihat Dari Aspek Pemasaran Pada Praktik Pemasaran E-Commerce “Stick Singkong Krispy”
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9474Abstrak
Peluang usaha wirausaha di bidang pangan terbuka lebar karena semua manusia pasti membutuhkan pangan dengan peluang yang menjanjikan ini, sehingga kami berencana merancang usaha kuliner "Crispy Cassava Stick". Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian, dimana peneliti mengumpulkan data dengan lima cara, yaitu: navigator, focus group, survey, behavioral data, dan experiment. Hasil pencarian c selama soft opening dalam tiga hari terjual hingga 65 buah/hari yang semula diharapkan hanya 50 buah/hari. Penjualan pengiriman mencakup seluruh wilayah Kabupaten Majalengka, seperti Cigasong, Kadipaten, Kasokandel, Banjaran dan Sukahaji Sindangkasih, Jatiwangi Bantaragung dan daerah lain di sekitar Majalengka Regency.So diharapkan pada periode grand opening, penjualan "Crispy Cassava Stick" menggunakan homogenisasi kontinyu yang dipilih oleh manajemen α 0,20 Kuantitas: Prakiraan baru (untuk permintaan pada periode grand opening) 50 + 0,2 (50-65) 80 buah. Ia menyimpulkan bahwa perdagangan online atau yang dikenal dengan e-commerce berdampak pada keberadaan UMKM di industri makanan di Magalingka dari segi pendapatan dan jumlah konsumen. Sebagai bentuk penyematan praktik pemasaran melalui e-commerce, strategi promosi yang dapat dilakukan atau biasa disebut sebagai bauran promosi dengan iklan atau promosi penjualan melalui media sosial atau E-commerce dan personal sales atau dapat dilakukan dengan digital marketing melalui pemanfaatan teknologi di era 5.0 yang mengkolaborasikan mesin dan manusia atau biasa disebut kecerdasan buatan (artificial intelligence)). Bahkan kegiatan promosi yang dapat dilakukan saat ini dapat melibatkan infulencer sebagai media promosi yang sering disebut advokasi.
Kata Kunci:
Kelayakan Bisnis;Pasar;PemasaranUnduhan
Referensi
Buku
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Adi mahasatya.
Kotler, P. ; K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran (15th ed.). Erlangga.
Kotler, P. and G. A. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.
Kotler, P., & Barich, H. (1991). A Framework for Marketing Image Management. . Sloan Management Review, 32(2), 94–104.
Moh. Nazir. (2017). Metode Penelitian, Bogor:Ghalia Indonesia.
Percy, L. (2014). Strategic Integrated Marketing Communications. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203553916
R.Cooper, D & S.Schindler. (2019). Metode Penelitian Bisnis, Jakarta:Salemba Empat.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suwatno. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.
Syamsi, I. (2021). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Bumi Aksara.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran strategik : mengupas pemasaran strategik, branding strategik, customer satisfaction, strategi kompetitif hingga e-marketing (3rd ed.). Andi.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Andi.
Jurnal
K. Widra dan I. Felix. (2019). ”Studi Kelayakan Bisnis Dalam Rangka Pendirian XX Cafe”. Jurnal Akuntansi Maranatha Vol 11 No 2, 379-400.
TR. Iir, dkk. (2022). “Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis”. Journal Of Visions And Ideas Vol 1 No 2, 222-235.
G. Utami dan S. Wiwik. (2017). ”Analisis Studi Kelayakan Usaha Bisnis Cassava Chips Di Peumahan Mardabi Raya”. Jurnal Integrasi Sistem Industri Vol 4 No 1 35-

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rita Sri Silvia Pamuji, Dede Susilo HSBW, Muhamad Nizar Pramudita, Enggun Yoga Nugraha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work