Penerapan Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dilihat Dari Aspek Pemasaran Pada Praktik Pemasaran E-Commerce “Stick Singkong Krispy”

Penulis

  • Rita Sri Silvia Pamuji Universitas Majalengka
  • Dede Susilo HSBW Universitas Majalengka
  • Muhamad Nizar Pramudita Universitas Majalengka
  • Enggun Yoga Nugraha Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9474

Abstrak

Peluang usaha wirausaha di bidang pangan terbuka lebar karena semua manusia pasti membutuhkan pangan dengan peluang yang menjanjikan ini, sehingga kami berencana merancang usaha kuliner "Crispy Cassava Stick". Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian, dimana peneliti mengumpulkan data dengan lima cara, yaitu: navigator, focus group, survey, behavioral data, dan experiment. Hasil pencarian c selama soft opening dalam tiga hari terjual hingga 65 buah/hari yang semula diharapkan hanya 50 buah/hari. Penjualan pengiriman mencakup seluruh wilayah Kabupaten Majalengka, seperti Cigasong, Kadipaten, Kasokandel, Banjaran dan Sukahaji Sindangkasih, Jatiwangi Bantaragung dan daerah lain di sekitar Majalengka Regency.So diharapkan pada periode grand opening, penjualan "Crispy Cassava Stick" menggunakan homogenisasi kontinyu yang dipilih oleh manajemen α 0,20 Kuantitas: Prakiraan baru (untuk permintaan pada periode grand opening) 50 + 0,2 (50-65) 80 buah. Ia menyimpulkan bahwa perdagangan online atau yang dikenal dengan e-commerce berdampak pada keberadaan UMKM di industri makanan di Magalingka dari segi pendapatan dan jumlah konsumen. Sebagai bentuk penyematan praktik pemasaran melalui e-commerce, strategi promosi yang dapat dilakukan atau biasa disebut sebagai bauran promosi dengan iklan atau promosi penjualan melalui media sosial atau E-commerce dan personal sales atau dapat dilakukan dengan digital marketing melalui pemanfaatan teknologi di era 5.0 yang mengkolaborasikan mesin dan manusia atau biasa disebut kecerdasan buatan (artificial intelligence)). Bahkan kegiatan promosi yang dapat dilakukan saat ini dapat melibatkan infulencer sebagai media promosi yang sering disebut advokasi.

Kata Kunci:

Kelayakan Bisnis;Pasar;Pemasaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Buku

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Adi mahasatya.

Kotler, P. ; K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran (15th ed.). Erlangga.

Kotler, P. and G. A. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.

Kotler, P., & Barich, H. (1991). A Framework for Marketing Image Management. . Sloan Management Review, 32(2), 94–104.

Moh. Nazir. (2017). Metode Penelitian, Bogor:Ghalia Indonesia.

Percy, L. (2014). Strategic Integrated Marketing Communications. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203553916

R.Cooper, D & S.Schindler. (2019). Metode Penelitian Bisnis, Jakarta:Salemba Empat.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Suwatno. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Syamsi, I. (2021). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran strategik : mengupas pemasaran strategik, branding strategik, customer satisfaction, strategi kompetitif hingga e-marketing (3rd ed.). Andi.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Andi.

Jurnal

K. Widra dan I. Felix. (2019). ”Studi Kelayakan Bisnis Dalam Rangka Pendirian XX Cafe”. Jurnal Akuntansi Maranatha Vol 11 No 2, 379-400.

TR. Iir, dkk. (2022). “Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis”. Journal Of Visions And Ideas Vol 1 No 2, 222-235.

G. Utami dan S. Wiwik. (2017). ”Analisis Studi Kelayakan Usaha Bisnis Cassava Chips Di Peumahan Mardabi Raya”. Jurnal Integrasi Sistem Industri Vol 4 No 1 35-

Unduhan

Abstract Views : 261
Downloads Count: 217

Diterbitkan

2024-07-13

Cara Mengutip

Pamuji, R. S. S., Susilo HSBW, D., Pramudita, M. N., & Nugraha, E. Y. (2024). Penerapan Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dilihat Dari Aspek Pemasaran Pada Praktik Pemasaran E-Commerce “Stick Singkong Krispy”. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 74–86. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9474

Terbitan

Bagian

Articles