Pengaruh Kelompok Referensi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Produk Scarlett Whitening
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9046Abstrak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelompok referensi, kualitas produk, dan harga mempengaruhi keputusan pembelian ulang produk Scarlett Whitening. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang dapat dipahami sebagai metode yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Sampel dalam penelitian ini adalah 160 orang yang pernah menggunakan produk Scarlett Whitening. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antar kelompok referensi, kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang, dan harga juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang produk Scarlett Whitening.
Kata Kunci:
Kelompok Referensi, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian UlangUnduhan
Referensi
Anggraini et al., 2020; Asia, 2023; Hidup et al., 2017; Pratama & Draa, 2017; Referensi et al., 2017; Ristauli Hutagaol & Safrin, 2022; Riyanto & Satinah, 2023; Wahyudi et al., 2020; Yudiana & Indiani, 2022)Anggraini, M., Fitriani, & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnall Ekonomak, 6(3), 1–8.
Asia, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Scarleet di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 76–90.
Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.
Gunarsih, C. M., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. 2(1), 69–72.
Handayani, A., Aufa, M., Rahmi, V. A., & Vilantika, E. (2021). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Edisi Revisi 2021. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Hair J.F., 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Hidup, P. G., Kelompok, P. D. A. N., Fajar, A., Suseno, E., Riyadi, H., Ekonomika, F., Kristen, U., Wacana, S., Diponegoro, J., & Tengah, J. (2017). ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). 97–113.
Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).
Kurniawan, I., Santoso, S. B., & Dwiyanto, B. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 20–29.
Pratama, M. A. N., & Draa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Raket Pada Pemain Di Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 03(03), 1–7.
Putra, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Referensi, P. K., Produk, D., & Harga, D. (2017). 2017. 5, 1–8.
Ristauli Hutagaol, R. S., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal of Social Research, 1(7), 761–772. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147
Riyanto, K., & Satinah, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Score: Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 1(01), 30–37. https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73
Saputri ID, Surianto MA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian. J Bus Econ Res. 2023;4(2):134-141. doi:10.47065/jbe.v4i2.3455
Sidi, Agus Purnomo. (2022). Urgensi Selebriti Endorser, Harga dan Kualitas Produk dalam
Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. MDP Student Conference, 1(1), 127–133.
Sinambela, R. Y. P., & DS, A. H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231-240.
Wahyudi, Y. H., Kristanti, D., & Nurbambang, R. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Bakpia Endous Kediri. Riset Bisnis Ekonomi, 1(1), 48–67. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/view/1389/1278
Wibowo, A. F. (2017). Pengaruh gaya hidup, prestise dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Taiwan Tea House Semarang) (Doctoral dissertation).
Yudiana, I. M., & Indiani, N. L. P. (2022). Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 21(1), 55–63. https://doi.org/10.22225/we.21.1.2022.55-63

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mega Aulia Rahmi, Moh. Agung Surianto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work