Pengaruh Kelompok Referensi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Produk Scarlett Whitening

Penulis

  • Mega Aulia Rahmi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh. Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9046

Abstrak

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelompok referensi, kualitas produk, dan harga mempengaruhi keputusan pembelian ulang produk Scarlett Whitening. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang dapat dipahami sebagai metode yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Sampel dalam penelitian ini adalah 160 orang yang pernah menggunakan produk Scarlett Whitening. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antar kelompok referensi, kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang, dan harga juga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian ulang produk Scarlett Whitening.

Kata Kunci:

Kelompok Referensi, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian Ulang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini et al., 2020; Asia, 2023; Hidup et al., 2017; Pratama & Draa, 2017; Referensi et al., 2017; Ristauli Hutagaol & Safrin, 2022; Riyanto & Satinah, 2023; Wahyudi et al., 2020; Yudiana & Indiani, 2022)Anggraini, M., Fitriani, & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnall Ekonomak, 6(3), 1–8.

Asia, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Scarleet di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 76–90.

Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.

Gunarsih, C. M., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. 2(1), 69–72.

Handayani, A., Aufa, M., Rahmi, V. A., & Vilantika, E. (2021). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Edisi Revisi 2021. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Hair J.F., 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hidup, P. G., Kelompok, P. D. A. N., Fajar, A., Suseno, E., Riyadi, H., Ekonomika, F., Kristen, U., Wacana, S., Diponegoro, J., & Tengah, J. (2017). ( Studi Pada Konsumen Taiwan Tea House Semarang ). 97–113.

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Kurniawan, I., Santoso, S. B., & Dwiyanto, B. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 20–29.

Pratama, M. A. N., & Draa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Raket Pada Pemain Di Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 03(03), 1–7.

Putra, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Referensi, P. K., Produk, D., & Harga, D. (2017). 2017. 5, 1–8.

Ristauli Hutagaol, R. S., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal of Social Research, 1(7), 761–772. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147

Riyanto, K., & Satinah, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Score: Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 1(01), 30–37. https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73

Saputri ID, Surianto MA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian. J Bus Econ Res. 2023;4(2):134-141. doi:10.47065/jbe.v4i2.3455

Sidi, Agus Purnomo. (2022). Urgensi Selebriti Endorser, Harga dan Kualitas Produk dalam

Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. MDP Student Conference, 1(1), 127–133.

Sinambela, R. Y. P., & DS, A. H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231-240.

Wahyudi, Y. H., Kristanti, D., & Nurbambang, R. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Bakpia Endous Kediri. Riset Bisnis Ekonomi, 1(1), 48–67. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk/article/view/1389/1278

Wibowo, A. F. (2017). Pengaruh gaya hidup, prestise dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Taiwan Tea House Semarang) (Doctoral dissertation).

Yudiana, I. M., & Indiani, N. L. P. (2022). Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 21(1), 55–63. https://doi.org/10.22225/we.21.1.2022.55-63

Unduhan

Abstract Views : 337
Downloads Count: 240

Diterbitkan

2024-07-13

Cara Mengutip

Rahmi, M. A., & Surianto, M. A. (2024). Pengaruh Kelompok Referensi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Produk Scarlett Whitening. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 99–113. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9046

Terbitan

Bagian

Articles