Analisis Hubungan Digitalisasi Marketing Dengan Profitabilas Usaha: Studi Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Penulis

  • Kamaruddin 2Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa
  • Usman Usman Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8725

Abstrak

This study aims to analyze the relationship between digital marketing and business profitability in UMKM in Sumbawa Regency after the Covid-19 pandemic. This research was conducted on UMKM in Sumbawa Regency after the Covid-19 pandemic. This research is an associative research to examine the relationship between two or more variables. The variables in this study are digital marketing as the independent variable (X), and business profitability as the dependent variable (Y). The population of this research is all UMKM in Sumbawa Regency in 2022, totaling 1,792 units, while the determination of the sample was carried out using a purposive sampling technique with the criteria of UMKM that have used digital marketing as a marketing medium, totaling 158 units. Data analysis was performed using simple linear regression analysis techniques, partial hypothesis testing (t test), and coefficient of determination (R2) test with the help of SPSS 16.0. The results of this study indicate that digital marketing has a positive and significant effect on the profitability of UMKM businesses in Sumbawa Regency. Digital marketing is the right marketing strategy to reach a wider consumer market so that it can increase profitability or profits for the company.

Kata Kunci:

Digital Marketing, Business Profitability, The Covid-19 Pandemic

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Buku

Arikunto, S. (2019).Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Azwar, S. (2017).Metode Penelitian Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2020. Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia: Ancaman Resesi Dunia Akibat Pandemi (Triwulan I Tahun 2020). Jakarta: Deputi Bidang Ekonomi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir, (2012).Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, P. K. A., & Nuratama, I. P. (2021).Tata Kelola Manajemen dan Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Strauss, J. & Frost, R. (2014).E-marketing.Pearson Education.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin, L. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jurnal

Febriyantoro, M.T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Hadi, D.F. & Zakiah, K. (2021).Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Untuk Bersaing di Era Pandemi.Competitive, 16(1), 32-41.

Karmeli, E., et.al. (2021). Utilization of E-Commerce to Increase the Selling Value of MSMEs in Sumbawa Regency During the Covid-19 Pandemic.2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 204-207.

Pradiani, T. (2017).Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.Jibeka, 11(2), 46-53.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM).Vol. 1 (1): 1-17.

Rohmah, N.N. (2019). Efektifitas Digititalisasi Marketing Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok (Analisis Media Equation Theory).Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 1-14.

Saifuddin, M. (2019). Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan UMKM Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115-124.

Setiawan, R., Pratama, R.A., & Sanjaya, V.F. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus: Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus). Jurnal Ekonomak, 7(3), 43-48.

Supardi, J. &Dores,V. (2009). Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-line Dengan Pendekatan Mediator based. Jurnal Sistem Informasi (JSI).Vol. 1 (2): 55-61.

Utami, K.S. (2022). Penguatan Strategi Pemasaran UMKM di masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Pelaku Usaha Tenun di Kabupaten Kulon Progo.Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(1), 284-302.

Peraturan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PP. UMKM.

Unduhan

Abstract Views : 180
Downloads Count: 273

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

Kamaruddin, & Usman, U. (2024). Analisis Hubungan Digitalisasi Marketing Dengan Profitabilas Usaha: Studi Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 196–206. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8725

Terbitan

Bagian

Articles