Pengaruh Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Laughing Buddha Bar Ubud
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.8663Abstrak
Customer Loyalty atau Loyalitas Pelanggan merupakan upaya untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Perusahaan perlu mengetahui sejauh mana mereka memiliki Loyalitas Pelanggan dan melakukan upaya untuk meningkatkannya. Beberapa faktor dalam mengoptimalkan Loyalitas Pelanggan di Laughing Buddha Bar adalah melalui Digital Marketing dan penerapan Customer Relationship Marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty di Laughing Buddha Bar di Ubud. Penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode ini dilakukan dengan memilih responden yang ditemui pada saat penelitian, dan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Seluruh data dianggap valid dan reliabel dengan uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas) kemudian dapat dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty di Laughing Buddha Bar di Ubud.
Kata Kunci:
Loyalitas Pelanggan, Pemasaran Hubungan Pelanggan, Pemasaran DigitalUnduhan
Referensi
Alma H. Buchari, (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty The Bali Florist. Jurnal EMAS, 2(2), 185-194.
Apriliani, F., Kumadji,S. & Kusumawati,A.(2014). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(1), 1-5.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali (2023). Banyaknya Restoran dan Rumah Makan Dirinci Menurut Kabupaten/Kota di Bali (Unit), 2021-2022. Retrieved from https://bali.bps.go.id/indicator/16/385/1/banyaknya-restoran-dan-rumah-makan-dirinci-menurut-kabupaten-kota-di-bali.html.
Bulan, T.P.L. dan Chandra, R. (2021). The Effect of Ewom, Digital Marketing, Customer Satisfaction on Customer Loyalty (Shopee Customer Survey in Pangkalan Brandan). Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 36-45.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning and optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.
Chakti, A. G. (2019). The Book of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa.
Ekawati, R. & Winarti, W. (2018). Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Nilai Pelanggan Dan Customer Relationship Marketing. Jurnal INTEKNA,18(2), 92-99.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J., (2016), Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan. Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Hasan, A. (2016). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Pressdindo.
Iranita (2022). Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Customer Valua terhadap Loyalitas Pelanggan Barista Coffee Shop & Roastery Tanjungpinang. Jurnal Bahtera Inovasi, 6(1), 32-45.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Madiistriyatno, H. (2013). Strategi Pemasaran Produk Wisata. Tanggerang : Indigo Media.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Masito, R. A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Pada Produk Air Minum Cheers (Studi Pt. Atlantic Biruraya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1216-1222.
Morissan, A,M. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Nawawi, M. (2021). Optimalisasi Sektor Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan, 22(1),41-56.
Rao, Purba. 1996. Measuring Consumer Perception Throught Factor Analysis. The Asia Manager, February-March, Hal 28-32.
Rizaldi, M.L., Hardini,R.(2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image Dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret Kelurahan Padurenan, Bekasi Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, 14(2), 77-84.
Sanjaya, R. & Tarigan, J. (2016). Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sidi, A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Kedai Hj.S Jl. Kesumba Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 1-8.
Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Tjiptono,F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Umar, H. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari,S., Agung, A.A.P. & Anggraini, N.P.N.(2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty The Bali Florist. Jurnal EMAS, 2(2), 185-194
Zahro, N.U. & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan TV Kabel di Kecamatan Tembalang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. MNC Sky Vision-Indovision Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 10-18.
Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Teknobuga, 6(1), 1-9.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tjokorda Gde Agung Wijaya Kesuma Suryawan, Ni Kadek Enny Purwati, Made Mulia Handayani, I Wayan Meryawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work