The PERKEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BULELENG

Pembangunan, Ekonomi Kreatif, Ekonomi

Penulis

  • I Putu Gede Diatmika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Krisna Eka Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.6650

Abstrak

Ekonomi kreatif dinilai menjadi kekuatan baru, Indonesia melihat perkembangan pasca pandemi Covid-19. Oleh karena itu, ekonomi kreatif harus dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperkuat seluruh aspek seperti sumber daya, industri, pembiayaan, pemasaran, teknologi, dan infrastruktur. Untuk mengembangkan ekonomi kreatif dalam mendukung perekonomian pasca Covid-19 terdapat beberapa permasalahan, termasuk; Belum optimalnya perkembangan industri kreatif, terutama disebabkan oleh masih kurangnya daya tarik industri, masih adanya posisi dominan bagi usaha kreatif, belum matangnya model bisnis industri kreatif, dan adanya risiko usaha yang harus dihadapi; Pengembangan sumber daya ekonomi kreatif belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan potensi industri kreatif dan mendeskripsikan sumber daya ekonomi kreatif dalam menunjang perekonomian pasca Covid-19 di Kabupaten Buleleng. Metode penelitian menggunakan pendekatan mix method (deskriptif kualitatif dan kuantitatif). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi (observasi lapangan), survei (field survey), dan wawancara (interview method). Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi yang diperoleh dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,893 atau 89,3 persen. Artinya variabel potensi ekonomi kreatif dan sumber daya ekonomi kreatif mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi kreatif dalam menunjang perekonomian di Kabupaten Buleleng pasca pandemi Covid-19 sebesar 89,3 persen.

Kata Kunci:

Pembangunan, Ekonomi Kreatif, Ekonomi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, B. (2017). Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum. Bandung: Alfabeta

El Hasanah, L. L. N. (2018). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812

Fatmawati, Jati. (2018). Telaah Kreativitas. Researchgate.

Hurlock, Elizabeth B. (2005). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jennifer Van Grove (2010). How Small Business is Using Social Media (STATS), http://mashable.com/2010/03/02/small-business-stats/#mfYC5LIZUSqN

John, Howkins. (2001). The Creative Economy: How People Make Money From Ideas. London: The Penguin Press.

Lestari, P. A., Tasyah, A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., Tresiana, N., & Lampung, U. (2021). Digital-Based Public Service Innovation (E-Government) in the Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Ilmu Administrasi, 18(2), 212–224.

Malin Lindberg, Inger Danilda, dan Birt-Marie Torstensson (2012). Women Resources

Centre- A Creative Knowledge Environment of Quadruple Helix, J Knowl Econ, Vol. 3(1), 2012, hlm. 36-52

Mubarok, D., & Fauziana, E. (2021). Perkembangan Ekonomi Kreatif Dalam Menopang Perekonomian Rakyat Di Masa Pandemi Covid 19. Ekonomi Pembangunan Insitut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, 2(1), 2798–2807.

Prastiwi, N. L. P. E. Y., Ningsih, L. K., & Suardika, K. (2019). Pola Pikir Dan Perilaku Kewirausahaan Umkm Di Buleleng, Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 61. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2159

Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Pustaka.

Solimun. (2002). Structural Equation Modeling Lisrel, PLS dan Amos. Penerbit Universitas Negeri Malang. Malang.

Suminar Ayu, A., Dwihantoro, P., & Lokantara, I. G. W. (2020). Understanding Creative Economy Concept through Innovation Adopters Perspective. Komunikator, 12(1). https://doi.org/10.18196/jkm.121031

Suryana. (2019). Ekonomi Kreatif. Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Penerbit Salemba Empat.

Wiyono, H. D. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(2), 19–25. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503

Unduhan

Abstract Views : 80
Downloads Count: 113

Diterbitkan

2023-09-23

Cara Mengutip

Gede Diatmika, I. P., & Eka Putra, I. W. K. (2023). The PERKEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BULELENG: Pembangunan, Ekonomi Kreatif, Ekonomi. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(03), 265–273. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.6650

Terbitan

Bagian

Articles