PENGARUH EXPERIENCE QUALITY TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI PERSEPSI NILAI, CITRA DESTINASI DAN KEPUASAN

PENGARUH EXPERIENCE QUALITY TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI PERSEPSI NILAI, CITRA DESTINASI DAN KEPUASAN

Penulis

  • Pupu Saeful Rahmat Universitas Kuningan
  • Dikdik Harjadi Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.5714

Abstrak

ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat kunjungan ulang ke objek wisata Kebun Raya Kuningan. Tujuan penelitian yakni: (1) menganalisis pengaruh citra destinasi terhadap minat kunjung ulang; (2) menganalisis pengaruh persepsi nilai terhadap citra destinasi;  (3) menganalisis pengaruh kepuasan terhadap citra destinasi;  (4) menganalisis pengaruh experience quality terhadap persepsi nilai; (5) menganalisis pengaruh experience quality terhadap kepuasan;  (6) menganalisis persepsi nilai dan citra destinasi dalam memediasi pengaruh experience quality terhadap minat kunjung ulang;  (7) menganalisis kepuasan dan citra destinasi dalam memediasi pengaruh experience quality terhadap minat kunjung ulang.

Populasi penelitian mencakup seluruh wisatawan yang pernah berkunjung ke Obyek Wisata Kebun Raya Kuningan (mulai obyek wisata berdiri sampai sekarang) yakni sebanyak 87.288 pengunjung. Teknik pengambilan sampel memakai sampling insidental (wisatawan yang ditemui secara kebetulan). Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5% sehingga ditemukan sampel sebanyak 400 wisatawan. Metode analisis data menggunakan analisis SEM dengan alat analisis berupa SmartPLS.

Hasil penelitian: (1) citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat kunjung ulang; (2) persepsi nilai berpengaruh positif signifikan terhadap citra destinasi; (3) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra destinasi; (4) experience quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi nilai; (5) experience quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan; (6) persepsi nilai dan citra destinasi mampu memediasi pengaruh experience quality terhadap minat kunjung ulang; (7) kepuasan dan citra destinasi mampu memediasi pengaruh experience quality terhadap minat kunjung ulang.

Kata Kunci:      Minat Kunjung Ulang; Citra Destinasi; Experience Quality; Persepsi N

Kata Kunci:

Interest in Repeat Visits; Destination Image; Experience Quality; Perception of value; Satisfaction

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhari, I. Z. (2019). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: Qiara Media.

Afshardoost, M., & Eshaghi, M. S. (2020). Destination image and tourist behavioural intentions: A meta-analysis. Tourism Management, 81(December 2019), 104154. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104154

Al-Ansi, A., & Han, H. (2019). Role of halal-friendly destination performances, value, satisfaction, and trust in generating destination image and loyalty. Journal of Destination Marketing and Management, 13(May 2019), 51–60. https:/

Unduhan

Abstract Views : 176
Downloads Count: 170

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Saeful Rahmat, P., & Harjadi, D. (2023). PENGARUH EXPERIENCE QUALITY TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI PERSEPSI NILAI, CITRA DESTINASI DAN KEPUASAN: PENGARUH EXPERIENCE QUALITY TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG MELALUI PERSEPSI NILAI, CITRA DESTINASI DAN KEPUASAN. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(03), 50–68. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.5714

Terbitan

Bagian

Articles