Telaah Pengalaman Intrapreneurial Pada Bisnis E-Commerce Diario: Sebuah Studi Kualitatif

Penulis

  • Dini Indiani married
  • Margo Purnomo 3Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran
  • Ratih Purbasari Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i2.5121

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman intrapreneurial pada bisnis e-commerce "Diario". Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif disertai observasi dengan melakukan wawancara kepada narasumber yang memiliki peran strategis yaitu Manager Brand Diario. Data penelitian yang diperoleh dari wawancara dianalisis menggunakan teknik analisis naratif, karena menggambarkan cerita maupun ide yang dikomunikasikan kepada seluruh stakeholder terkait. Hasil temuan dari penelitian ini ialah Sembilan pengalaman intrapreneurial yang berpengaruh terhadap bisnis e-commerce Diario. Temuan lainnya mengungkapkan bahwa Secara keseluruhan, pengalaman intrapreneurial dapat membantu bisnis e-commerce untuk mengembangkan inovasi serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih memotivasi bagi karyawan. Keterbatasan dalam penelitian ini ialah hanya menganalisis satu bisnis e-commerce saja. Metode pengumpulan data pun hanya dengan menggunakan wawancara. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis komparasi di beberapa bisnis e-commerce yang sama lainnya untuk memperoleh hasil yang lebih variatif.

Kata kunci: Pengalaman intrapreneurial; kepuasan pelanggan; bisnis e-commerce

Kata Kunci:

Corporate Entrepreneurship, Entrepreneurship

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Accenture. (2021). Driving Innovation in E-Commerce.

Chen, Y., & Barnes, S. (2007). Initial trust and online buyer behaviour. Industrial Management & Data Systems, 107(1), 21-36.

Deloitte. (2020). Five characteristis of intrapreneurs

Entrepreneur. (2021). The Top Qualities

Hidayati, I., & Novita, A. (2021). Strategi Pengembangan E-Commerce pada Era New Normal. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 20-32.)

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. PT. Indeks.

Liao, Z., & Cheung, M. T. (2002). Internet-based e-shopping and consumer attitudes: An empirical study. Information & Management, 39(9), 673-686.

Liang, T. P., & Turban, E. (2011). Introduction to the special issue social commerce: A research framework for social commerce. International Journal of Electronic Commerce, 16(2), 5-14.

Nurani, I., Sutedjo, E., & Saputra, Y. (2021). Pengaruh Pengalaman Intrapreneurial Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Online: Studi pada Bisnis Kuliner. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 1-9.

Nugroho, L. E., Pudjibudojo, J., & Andina, A. (2021). Pengaruh inovasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan e-commerce. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(1), 21-32.)

Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer. McGraw-Hill Education.

Sari, R. A., & Fathurrahman, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan inovasi terhadap kepuasan pelanggan di e-commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 1(1), 39-49.)

Wijaya, Y. A., & Rosyidi, A. H. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Pelanggan pada E-commerce. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi Asia, 14(1), 1-14.)

Yudhistira, A., & Khafidz, A. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan e-commerce Lazada Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 80-86.)

Unduhan

Abstract Views : 122
Downloads Count: 214

Diterbitkan

2023-05-23

Cara Mengutip

Indiani, D., Purnomo, M., & Purbasari, R. (2023). Telaah Pengalaman Intrapreneurial Pada Bisnis E-Commerce Diario: Sebuah Studi Kualitatif. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 31–38. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i2.5121

Terbitan

Bagian

Articles