Telaah Pengalaman Intrapreneurial Pada Bisnis E-Commerce Diario: Sebuah Studi Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i2.5121Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman intrapreneurial pada bisnis e-commerce "Diario". Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif disertai observasi dengan melakukan wawancara kepada narasumber yang memiliki peran strategis yaitu Manager Brand Diario. Data penelitian yang diperoleh dari wawancara dianalisis menggunakan teknik analisis naratif, karena menggambarkan cerita maupun ide yang dikomunikasikan kepada seluruh stakeholder terkait. Hasil temuan dari penelitian ini ialah Sembilan pengalaman intrapreneurial yang berpengaruh terhadap bisnis e-commerce Diario. Temuan lainnya mengungkapkan bahwa Secara keseluruhan, pengalaman intrapreneurial dapat membantu bisnis e-commerce untuk mengembangkan inovasi serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih memotivasi bagi karyawan. Keterbatasan dalam penelitian ini ialah hanya menganalisis satu bisnis e-commerce saja. Metode pengumpulan data pun hanya dengan menggunakan wawancara. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis komparasi di beberapa bisnis e-commerce yang sama lainnya untuk memperoleh hasil yang lebih variatif.
Kata kunci: Pengalaman intrapreneurial; kepuasan pelanggan; bisnis e-commerce
Kata Kunci:
Corporate Entrepreneurship, EntrepreneurshipUnduhan
Referensi
Accenture. (2021). Driving Innovation in E-Commerce.
Chen, Y., & Barnes, S. (2007). Initial trust and online buyer behaviour. Industrial Management & Data Systems, 107(1), 21-36.
Deloitte. (2020). Five characteristis of intrapreneurs
Entrepreneur. (2021). The Top Qualities
Hidayati, I., & Novita, A. (2021). Strategi Pengembangan E-Commerce pada Era New Normal. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 20-32.)
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. PT. Indeks.
Liao, Z., & Cheung, M. T. (2002). Internet-based e-shopping and consumer attitudes: An empirical study. Information & Management, 39(9), 673-686.
Liang, T. P., & Turban, E. (2011). Introduction to the special issue social commerce: A research framework for social commerce. International Journal of Electronic Commerce, 16(2), 5-14.
Nurani, I., Sutedjo, E., & Saputra, Y. (2021). Pengaruh Pengalaman Intrapreneurial Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Online: Studi pada Bisnis Kuliner. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 1-9.
Nugroho, L. E., Pudjibudojo, J., & Andina, A. (2021). Pengaruh inovasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan e-commerce. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(1), 21-32.)
Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer. McGraw-Hill Education.
Sari, R. A., & Fathurrahman, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan inovasi terhadap kepuasan pelanggan di e-commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 1(1), 39-49.)
Wijaya, Y. A., & Rosyidi, A. H. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Pelanggan pada E-commerce. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi Asia, 14(1), 1-14.)
Yudhistira, A., & Khafidz, A. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan e-commerce Lazada Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 80-86.)

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dini Indiani, Margo Purnomo, Ratih Purbasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work