PENGARUH IKLAN MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Studi Pada Konsumen Dapoer Ami Tenjolayar
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3576Abstrak
Salah satu usaha yang memiliki persaingan ketat saat ini adalah bisnis produk makanan, hal ini menyebabkan karena banyaknya makanan siap saji yang diminati oleh masyarakat dikarenakan lebih cepat dan praktis. Semakin maju dan berkembangnya masyarakat Indonesia yang menjelma menjadi masyarakat modern serta memiliki aktivitas kesibukan tinggi cenderung mencari makanan selera konsumen secara online melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan media sosial, word of mouth dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian secara parsial pada konsumen Dapoer Ami Tenjolayar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Dapoer Ami Tenjolayar dengan sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode incidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuisioner. Pengujian instrumen data dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Alat analisis menggunakan regresi berganda, koefisien determinasi (R2), kelayakan model (Uji F), dan uji hipotesis menggunakan uji parsial.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan media sosial, word of mouth dan persepsi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial pada konsumen Dapoer Ami Tenjolayar.
Kata Kunci:
Iklan Media Sosial, Word Of Mouth, Persepsi Kualitas dan Keputusan PembelianUnduhan
Referensi
Buku
Rulli, Nasrullah. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sositeknologi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, R&D dan Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Noe, R., Hollenbeck, J., Gerhart, B., & Wright, P. 2017. Human Resource Management : Gaining A Competitive Advantage, Tenth Edition (10th ed.). New York: Mc Graw-Hill Education
Jurnal
Ahmad Setiadi. 2016. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. CAKRAWALA Jurnal Humaniora Vol 16, No. 2 ISSN : 2579-3314. Universitas Bina Sarana Informatik.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1283/1055
Deisy Christina Andih. 2018. Peran Media Sosial (Facebook, Instagram, Youtube) Dalam Menarik Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Tetempangan Hill Kab. Minahasa Prov. Sulawesi Utara. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, Vol. 13, No. 1, pp. 77, Undhira Bali https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/issue/view/49
Gede Wisnu Saputra, dan I Gusti Agung Ketut Sri Ardani, 2020. Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. E-jurnal Manajemen, Vol. 9, No.7 2020. ISSN- 2596-2620, Universitas Udayana, Bali, Indonesia. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/issue/view/3528
Ine Aprianti, 2020. Pengaruh Citra Merk dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Mayoutfit Bandung melalui Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan, Vol. 2, No. 1. Hal, 50-57 Bandung, Januari 2020. p-ISSN : 2655-2922, e-ISSN : 2656-632x, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. https://jurnal.usbypkp.ac.id.index.php/jemper/article/view/265
Hanifah F.S dan Harti. (2021). Pengaruh iklan media sosial, electronic word of mouth, dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian body lotion Scarlett Whitening. AKUNTABEL 18 (4),pp.722-732 http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL
Ita Masibbuk Sileyjeova Moniharapon & Imelda W. J Ogi, 2019. Pengaruh Iklan Media Sosial, Kelengkapan produk, Kualitas Pelayanan Dan Tata Letak Terhadap Keputusan Pembelian Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol. 7, No. 1, pp. 411-420 ISSN 2303-1174. Universitas Sam Ratulangi.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/issue/view/2144
Kiki Joesyiana, 2018. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian konsumen Pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, Vol. 4, No. 1, April 2018. Survey Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akutansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Ria. https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/download/2534/1444
Sofa Marwati, Wahyu Hidayat, Sari Listyorini 2014. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Ekuitas Merek (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Blackberry Di Universitas Diponegoro Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Political Science. UEJS Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 3 No. 3.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/5697/5483
William Lianardi dan Stefani Chandra, 2019. Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekan Baru. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, Vol. 4, No. 1, pp. 45- 58 ISSN 2527-8223. STIE Pelita Indonesia. Pekan Baru. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/article/view/453
Pendataan majalengka, 2022. Jumlah UKM di Kabupaten Majalengka http://data.majalengkakab.go.id/organisasi/dinas-koperasi-usaha-mikro-kecil-dan menengah/ .

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Neny Kusumadewi, Pipih Sopiyan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work