STRATEGI PEMASARAN PRODUK BARU (STUDI KASUS PUDING LAMOTA)

Penulis

  • Suprianto Naim Universitas Samawa
  • Hasdita Elies Ramadani Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Elisa Juniarti Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Mia Maelani Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Elliza Rizki Wandani Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Elsa Rahmawati Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3449

Abstrak

Produk baru mencakup dari produk baru di dunia (new-to-the-world products) yang menciptakan pasar yang baru, pengembangan minor pada produk, maupun revisi pada produk yang ada. Penjualan produk terutama produk baru membutuhkan pemasaran yang berorientasi masa depan. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk setiap produk baru yang dihasilkan dimana strategi tersebut perlu direncanakan dengan memperhatikan faktor-faktor penentu keberhasilan produk baru di pasaran. Beberapa strategi pemasaran produk baru yaitu Strategi S–O atas pertimbangan kekuatan (strength) dan peluang (opportunity), terdiri dari strategi mengutamakan kualitas produk, pemasaran online (online marketing), kompetisi online, potongan harga atau discount, dan giveaway. Strategi W–O atas pertimbangan kelemahan (weakness) dan peluang (opportunity), terdiri dari strategi analisa pasar, kemasan menarik, review atau testimoni, dan kerjasama dengan mitra bisnis. Strategi S–T atas pertimbangan kekuatan (strength) dan tantangan (threat), terdiri dari strategi mempertahankan kualitas dan cita rasa produk, mempertahankan harga produk yang terjangkau, dan mencari alternatif bahan baku yang berkualitas saat harga bahan baku naik. Strategi W–T atas pertimbangan kelemahan (weakness) dan tantangan (threat), terdiri dari strategi riset dan depelovement, mematenkan nama produk, pelayanan prima, dan evaluasi produk.

Kata Kunci:

Produk Baru; Strategi Pemasaran; Analisis SWOT.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ferdinand, Augusty. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2009). Marketing Management. 13th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Nengsih. (2012). Strategi Pemasaran Produk Baru Recipes Mobile Application PT. Agranet Multicitra Siberkom (Agrakom) Periode Juli 2011 – Juni 2012. Journal of Management and Business Review, Vol. 9 No. 2, July 2012, hlm. 154-157.

Rangkuti, Freddy. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.

Sarita, Maulinda & Suprianto. (2022). Analisis Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Lapak Taman Genang Genis Sumbawa Besar. Samalewa: Jurnal Riset dan Kajian Manajemen. Volume 2 Nomor 1, Juni 2022, hlm. 50-58.

Sarjono, Bambang. (2015). Strategi Pemasaran Produk Baru. Orbith, Vol. 11 No. 3, November 2015, hlm. 230 – 236.

Sucihati, Roos Nana, Suprianto, Marisa Sutanty, Wahyu Haryadi, & Ismawati. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Labeling, Packaging, dan Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, Vol. 4 Issue 2, 2021, hlm. 277-282.

Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-dasar Manajemem Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Walidah, Ziyana, Eva Aulina Wardani, Ayu Risky Wulandari, Faradilla Putri Mahendra, Ria Setya Ningtyas, Deltaningtyas Tri Cahyaningrum. (2021). Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Pie Susu Zingiberaceae saat Pandemi Covid-19. Jurnal Manjemen Agribisnis Dan Agroindustri, Vol. 1 No. 1, June 2021, hlm. 52-59. DOI: 10.25047/jmaa.v1i1.9

Winahyu, Windu Mukti, Efendi Tjendera, Reuben E. Gutierrez, Jimmy Sadeli. (2008). Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Peluncuran Produk Baru Dengan Merek “EXO COFFEE” pada PT. Jamu Puspo Internusa. Journal of Business Strategy and Execution, Vol. 1 No.1, November 2008, hlm. 158-170.

Unduhan

Abstract Views : 854
Downloads Count: 1428

Diterbitkan

2023-01-04

Cara Mengutip

Naim, S., Ramadani, H. E., Juniarti, E., Maelani, M., Wandani, E. R., & Rahmawati, E. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK BARU (STUDI KASUS PUDING LAMOTA). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 55–67. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3449

Terbitan

Bagian

Articles