Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Sabdo Palon Di Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i1.1603Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen syrup jamu tradisional Sabdo Palon di Sukoharjo dan mendapatkan bukti empiris bahwa kualitas produk, harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian syrup jamu tradisional Sabdo Palon di Sukoharjo.
Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan oleh penulis adalah teknik non probability sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel tidak dipilih secara acak. Jenis pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 konsumen syrup jamu tradisional Sabdo Palon di Sukoharjo, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 16.00
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 4,562 dan signifikansi 0,000 , variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian degan nilai t hitung sebesar -1,892 dan signifikansi 0,062 , variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar -1,07 dan signifikansi 0,915. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk,harga dan promosi secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci:
Product Quality, Price, Promotion, Purchase DecisionsUnduhan
Referensi
Astuti, Sri Wulan., 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Flashdisk Merek Kingston pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, diambil Selasa, 4 agustus 2020 pukul 13.40 WIB dari http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/6936
Asri, Marwan. 1991. Marketing. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.
Apriyani,Maria., (2017) Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Merek Frestea (Survey Pada Mahasiswa/i Program Studi Manajemen FEB UNPAS Bandung) , diambil Sabtu, 28 November 2020 pukul 10.51 WIB dari http://repository.unpas.ac.id/31583/
Amin,Muchammad Al. Dkk., (2017) KLASIFIKASI KELOMPOK UMUR MANUSIA BERDASARKAN ANALISIS DIMENSI
FRAKTAL BOX COUNTING DARI CITRA WAJAH DENGAN DETEKSI TEPI CANNY, diambil Selasa, 2Maret 2021 pukul 15.03 WIB dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/230755665.pdf&ved=2ahUKEwivk6uRk5HvAhUV4nMBHWYxBeEQFjACegQIDhAC&usg=AOvVaw2-gsazqcZM2SWd8X23hQoU
Devi, Lenggang Kurnia Intan., 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya), diambil Jumat, 4 september 2020 pukul 15.22 WIB dari http://digilib.uinsby.ac.id/29623/
Fernando, Made Fajar.Dkk., 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar, diambil Kamis, 26 maret 2020 pukul 09.04 WIB dari
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35419
Hanif, Inne., 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan PromosiTerhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Pada Mahasiswa UN PGRI Kediri (Studi Pada Mahasiswa Manajemen UN PGRI Kediri), diambil Kamis,14 mei 2020 pukul 15.00 WIB dari http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.02.02.0322
Kotler, Philip dan Keller, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1,( Jakarta: Erlanggan, 2013)
Lestari, Putri., 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sosro (Studi Pada Mahasiswa Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung), diambil Senin,10 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB dari http://repository.unpas.ac.id/30183/
Mahendra, Made Mahesa., 2018. Pengaruh Umur, Pendidikan Dan Pendapatan Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik The Body Shop Di Kota Denpasar, diambil Rabu, 9 september 2020 dari http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1369491
Muchlis, Imam., 2015. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT.Batik Danar Hadi Surakarta (Universitas Muhammadiyah Surakarta), diambil Jumat, 6 november 2020 pukul 14.25 WIB dari http://eprints.ums.ac.id/38670/
Priliano, Kelvin. Dkk., 2020. Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada, diambil Minggu, 6 september 2020 pukul 17.03 WIB dari https://ejurnal.seminarid.com/index.php/jbe/article/view/56
Prasetiyo, Bundan Rachmad ., 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Toyota Avanza (Studi Kasus Pada PT. Nasmoco Solo Baru), diambil 25 mei 2020 pukul 19.43 WIB dari https://123dok.com/document/lzge362y-analisis-pengaruh-kualitas-pengambilan-keputusan-pengambilan-keputusan-pembelian.html
Personal website tentang keputusan pembelian, diambil senin, 1 Maret 2021 pukul 12.10 WIB. Dari https://www.google.com/search?q=keputusan+pembelian&oq=keputusan+pembelian&aqs=chrome..69i57j35i39j0i395l6.15320j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Putri,Agatha Rintadiana, 2020. Pengaruh Kualitas Produk,Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Popeye Fried Chicken (Survei Terhadap Konsumen Popeye Fried Chicken Cabang Kleco). Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan) Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Surakarta.
Pengertian populasi.diambil, Senin 22 maret 2021. Pukul 20.30 WIB. Dari http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-populasi-dan-sampel-serta-teknik-sampling.html
Ratnasari, Aprillia Dewi. Dkk., (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DJAWI LANBISTRO COFFEE AND RESTO SURABAYA, diambil Selasa, 2 Maret 2021 pukul 14.55 WIB dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318571/pendidikan/Microsoft%2BPowerPoint%2B-%2BTAHAP%2BPERKEMBANGAN%2BANAK%2BUSIA%2B12-17%2BTAHUN.pdf&ved=2ahUKEwj1sdX1kpHvAhXc5nMBHR6dAiMQFjAAegQIARAC&usg=AOvVaw0XDZtKdH3kqj2XMi8NXT7h&cshid=1614672337056
Santoso, Krestiawan Wibowo., Dkk., 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin Di Semarang (Studi Kasus pada Pengguna Permen Tolak Angin di Kelurahan Tembalang Semarang), diambil Rabu, 25 maret 2020 pukul 09.43 WIB dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/4378
Susanto,Albert Ardyan, 2019. Pengaruh Kualitas Produk,Harga,Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Martabak Spektakuler Nusukan. Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan) Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Surakarta.
Wahyuni, Naning Tri., 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Hp Oppo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri , diambil, Rabu 25 maret 2020 pukul 10.00 WIB dari http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.02.02.0084.pdf
Widodo,2017. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jilid 1. Jakarta : Penerbit PT. Raja Gravindo Persada.
Ismail, A. Y., Andayani, S. A., Chovyan, I., & Wahyudin, A. (2021). Land Change Patterns for Predicting Sustainable Agriculture Development. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 37(2), 509-515.
Andayani, S. A., Sukmawani, R., Marina, I., Sulaksana, J., Rahman, U. I. L., Sumekar, Y., ... & Dani, U. (2021). Prediction model of production patterns of shallot development in the highlands of Indonesia. Research on Crops, 22(4), 895-900.
Ismail, A. Y., Aminudin, S., Andayani, S. A., & Sumekar, Y. (2021). Analysis of land use patterns in the upper Cimanuk river basin and its relationship with irrigation water discharge in Majalengka Regency, Indonesia. Research on Crops, 22(4), 836-840.
Hernita, N., & Ginanjar, Y. (2021, April). Managerial Aspect and Digital Marketing of Micro, Small and Medium Enterprises in West Java. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 748, No. 1, p. 012035). IOP Publishing.
Hernita, N., Prihartini, E., & Rahmayani, M. W. (2021). Increasing Income of Micro, Small and Medium Enterprises through Managerial and Digital Marketing Aspect in West Java. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 10593-10600.
Andayani, S. A., Sukmawani, R., Marina, I., Sulaksana, J., Rahman, U. I. L., Sumekar, Y., ... & Dani, U. (2021). Prediction model of production patterns of shallot development in the highlands of Indonesia. Research on Crops, 22(4), 895-900.
Nahdi, D. S., Araniri, N., Jatisunda, M. G., Kurino, Y. D., & Cahyaningsih, U. (2021). Statistical Literacy of Pre-Service Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 900-908.
Syamsuddin, A. (2021). Islamic Acculturation and Local Culture on Nyiramkeun Tradition in Talagawetan Village Majalengka Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(2), 2447-2456.
Amin, M. A. S. (2020). Communication Activities in Mitoni Events in Layansari Village (Study of Communication Ethnography Regarding Communication Activities at the Mitoni Event in Layansari Village, Gandrungmangu District, Cilacap Regency in requesting the safety of Mother and Child). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1289-1296.
Redjeki, F., Fauzi, H., & Priadana, S. (2021). Implementation of appropriate marketing and sales strategies in improving company performance and profits. International Journal of Science and Society, 3(2), 31-38.
Fauzi, H. (2021). THE INFLUENCE OF WORK DISCIPLINE AND INDIVIDUAL CHARACTERISTICS ON TOTAL QUALITY MANAGEMENT (STUDY AT PT. SINJARAGA SANTIKA SPORT MAJALENGKA. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 2105-2114.
Mulyani, H. S., Sudirno, D., & Hakim, A. (2021, April). Driving Factors For Local Government Self-Financing Ability. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 748, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Adhita Maharani Dewi, Laurensia Vienanditya Prasdinari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work