Penggunaan Design Thinking Pada Inovasi Produk Jasa Cabut Kost

Penulis

  • Mochammad Rifky Pamungkas Universitas Padjadjaran
  • Iwan Sukoco universitas padjajaran

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i2.1517

Abstrak

Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia hingga saat ini telah berdampak pada seluruh pelaku usaha, oleh karena itu semua pelaku dari berbagai bidang usaha perlu melakukan terobosan atau inovasi agar mampu bersaing dan tetap bertahan. Permasalahannya sekarang adalah semua harus dituntut untuk memberikan pemecahan masalah yang tepat dan mampu diimplementasikan dengan baik dalam menjawab segala hambatan dan tantangan yang dirasakan. Salah satu metode yang dapat digunakan dan memberikan solusi terhadap kondisi saat ini adalah design thinking. Design thinking adalah disiplin yang menggunakan kepekaan dan metode desainer untuk mencocokkan kebutuhan orang dengan apa yang layak secara teknologi dan apa yang layak menurut strategi bisnis dapat diubah menjadi nilai pelanggan dan peluang pasar, dengan menganalisis lima tahap yang meliputi empati, definisikan, idete , prototipe dan tes. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan penggunaan design thinking pada bisnis Jasa Logistik Cabut Kost dengan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memberikan gambaran atau rangkuman suatu keadaan atau fenomena yang sedang terjadi dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah yang sebenarnya. Hasil yang diperoleh adalah penerapan design thinking dapat dijadikan sebagai acuan metode Cabut Kost dalam mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Dari sisi analisis, design thinking dapat menjadi metode untuk mengembangkan strategi membangun brand name Cabut Kost.

Kata Kunci:

Design Thinking, Jasa Bisnis Logistik, Cabut Kost

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brown, T. (2009). Change by Design. New York: Harper Collins.

Brown, T. (2013). Design Thinking. Harvard Business Review.

Carlgren Lisa, Maria Elmquist & Ingo Rauth. (2016). The Challenges of Using Design Thinking in Industry-Experiences from Five Large Firms. John Willey & Son Ltd.

Eradatifam, M., Heydarabati, S., & Shahbazi, A. (2020). The Impact of Design Thinking on Innovation., Journal of Design Thinking, 1(1), 49-60. doi: http://doi.org/10.22059/JDT.2020.76036

Geissdoerfer, M., Bocken, N. M. P., & Hultink, E. J. (2016). Design Thinking to Enhance the Sustainable Business Modeling Process - A Workshop Based on A Value Mapping Process., Journal of Cleaner Production, 135, 1218-1232. doi: http://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.07.020

Glinski, P. (2012). Design Thinking and The Facilitation Process. Collaborative Design Workshop. NSW, Australia.

Morgan, R.M. & Hunt, S.D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing., Journal of Marketing, 58(3), 20-38. doi: http://doi.org/10.2307/1252308

Purnomo, Dwi. (2013). Konsep Design Thinking bagi Pengembangan Rencana Program dan Pembelajaran Kreatif dalam Kurikulum berbasis Kompetensi. Konferensi Nasional “Inovasi dan Technopreneurship” IPB International Convention Center, Bogor, 18-19 Februari 2013.

Satgas Covid-19 Kota Bandung. (2021). Pusat Informasi Covid-19 Kota Bandung. Diakses dari http://covid19.bandung.go.id/

Seixas, B. V., Smith, N., & Mitton, C. (2018). The Qualitative Descriptive Approach in International Comparative Studies: Using Online Qualitative Surveys., International Journal of Health Policy and Management, 7(9), 778–781. doi: http://doi.org/10.15171/ijhpm.2017.142

Sugangga, Rayan. (2020). Pengembangan Produk Menggunakan Design Thinking Pada Masa Pandemi Covid-19., Jurnal Akademika, 18(2), 82-86. http://dx.doi.org/10.51881/jam.v18i2.191

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Vanada, D. I. (2014). Practically Creative: The Role of Design Thinking as an Improved Paradigm for 21st Century Art Education., Techne serien - Forskning i Slöjdpedagogik och Slöjdvetenskap, 21(2), 21–33. Diakses dari https://journals.oslomet.no/index.php/techneA/article/view/1262

Williams, C. (2007). Research Methods. Journal of Business & Economics Research, 5(3), 65-72. doi: https://doi.org/10.19030/jber.v5i3.2532

Zaki, Ahmad & Sukoco, Iwan. (2018) Use of Design Thinking at Digital Technology Consultant Company Indie Labtek Bandung. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 3(2), 123-129. doi: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i2.18469

Ismail, A. Y., Andayani, S. A., Chovyan, I., & Wahyudin, A. (2021). Land Change Patterns for Predicting Sustainable Agriculture Development. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 37(2), 509-515.

Andayani, S. A., Sukmawani, R., Marina, I., Sulaksana, J., Rahman, U. I. L., Sumekar, Y., ... & Dani, U. (2021). Prediction model of production patterns of shallot development in the highlands of Indonesia. Research on Crops, 22(4), 895-900.

Ismail, A. Y., Aminudin, S., Andayani, S. A., & Sumekar, Y. (2021). Analysis of land use patterns in the upper Cimanuk river basin and its relationship with irrigation water discharge in Majalengka Regency, Indonesia. Research on Crops, 22(4), 836-840.

Hernita, N., & Ginanjar, Y. (2021, April). Managerial Aspect and Digital Marketing of Micro, Small and Medium Enterprises in West Java. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 748, No. 1, p. 012035). IOP Publishing.

Hernita, N., Prihartini, E., & Rahmayani, M. W. (2021). Increasing Income of Micro, Small and Medium Enterprises through Managerial and Digital Marketing Aspect in West Java. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 10593-10600.

Andayani, S. A., Sukmawani, R., Marina, I., Sulaksana, J., Rahman, U. I. L., Sumekar, Y., ... & Dani, U. (2021). Prediction model of production patterns of shallot development in the highlands of Indonesia. Research on Crops, 22(4), 895-900.

Nahdi, D. S., Araniri, N., Jatisunda, M. G., Kurino, Y. D., & Cahyaningsih, U. (2021). Statistical Literacy of Pre-Service Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 900-908.

Syamsuddin, A. (2021). Islamic Acculturation and Local Culture on Nyiramkeun Tradition in Talagawetan Village Majalengka Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(2), 2447-2456.

Amin, M. A. S. (2020). Communication Activities in Mitoni Events in Layansari Village (Study of Communication Ethnography Regarding Communication Activities at the Mitoni Event in Layansari Village, Gandrungmangu District, Cilacap Regency in requesting the safety of Mother and Child). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(2), 1289-1296.

Redjeki, F., Fauzi, H., & Priadana, S. (2021). Implementation of appropriate marketing and sales strategies in improving company performance and profits. International Journal of Science and Society, 3(2), 31-38.

Fauzi, H. (2021). THE INFLUENCE OF WORK DISCIPLINE AND INDIVIDUAL CHARACTERISTICS ON TOTAL QUALITY MANAGEMENT (STUDY AT PT. SINJARAGA SANTIKA SPORT MAJALENGKA. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 2105-2114.

Mulyani, H. S., Sudirno, D., & Hakim, A. (2021, April). Driving Factors For Local Government Self-Financing Ability. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 748, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.

Unduhan

Abstract Views : 314
Downloads Count: 441

Diterbitkan

2022-07-23

Cara Mengutip

Pamungkas, M. R., & Sukoco, I. (2022). Penggunaan Design Thinking Pada Inovasi Produk Jasa Cabut Kost. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 543–550. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i2.1517