KOMUNIKASI INTERPERSONAL Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Wild Original Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12988Abstrak
Dalam dunia bisnis, pelaku usaha harus mampu mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan perusahaan lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Wild Original Majalengka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Wild Original Majalengka dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji kelayakan model dan pengujian hipotesis parsial. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci:
Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganUnduhan
Referensi
Agus Sugianto. (2018). Pemgaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Obat Ethical PT Gracia Pharmindo Area Majalengka). Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.
Angga Putra Bastian. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Komunikasu Interpersonal, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Syariah Kantor Cabang Kediri. 01, 2-17.
Ani Supiyani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada toko UD Putra TS Majalengka. Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.
Bagus Handoko. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. 18, 61-72.
Denok Sunarsi. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. 21, 7-13.
Dinda Nurshandrina (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Hijab (Studi Pada Konsumen Toko Rabbani Majalengka). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka.
Enggarayu Weningtyas & Miftahun Ni'mah Suseno. (2012). Pengaruh Komunikasi Interpersonan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. 17-26.
Harman Malau. (2017). Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global”, Penerbit Alfabeta,cv. Bandung
Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang.
Maman Abdurohman. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (pada PT Pegadaian Persero Cabang Majalengka). Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.
Novia Hardiyanti Putri. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Mutu Pelayanan Terhadap kepuasan Nasabah. 4, 198-204.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tristyastiana Sutrisno. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli. Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Deni Istiono, Nining Kurniasih, Pupung Pamungkas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work