KOMUNIKASI INTERPERSONAL Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Wild Original Majalengka

Penulis

  • Deni Istiono Universitas Majalengka
  • Nining Kurniasih Universitas Sebelas April Sumedang
  • Pupung Pamungkas Universitas Halim Sanusi

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12988

Abstrak

Dalam dunia bisnis, pelaku usaha harus mampu mempertahankan eksistensinya dan bersaing dengan perusahaan lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Wild Original Majalengka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Wild Original Majalengka dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji kelayakan model dan pengujian hipotesis parsial. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus Sugianto. (2018). Pemgaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Obat Ethical PT Gracia Pharmindo Area Majalengka). Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.

Angga Putra Bastian. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Komunikasu Interpersonal, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Syariah Kantor Cabang Kediri. 01, 2-17.

Ani Supiyani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada toko UD Putra TS Majalengka. Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.

Bagus Handoko. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. 18, 61-72.

Denok Sunarsi. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. 21, 7-13.

Dinda Nurshandrina (2020). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Hijab (Studi Pada Konsumen Toko Rabbani Majalengka). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka.

Enggarayu Weningtyas & Miftahun Ni'mah Suseno. (2012). Pengaruh Komunikasi Interpersonan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. 17-26.

Harman Malau. (2017). Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global”, Penerbit Alfabeta,cv. Bandung

Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang.

Maman Abdurohman. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (pada PT Pegadaian Persero Cabang Majalengka). Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.

Novia Hardiyanti Putri. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Mutu Pelayanan Terhadap kepuasan Nasabah. 4, 198-204.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tristyastiana Sutrisno. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli. Skripsi Ekonomi Universitas Majalengka.

Unduhan

Abstract Views : 96
Downloads Count: 62

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Istiono, D., Kurniasih, N., & Pamungkas, P. (2025). KOMUNIKASI INTERPERSONAL Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Wild Original Majalengka. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 115–123. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12988

Terbitan

Bagian

Articles