Apakah Konsumen Menunjukkan Kepercayaan Pada Provider Telkomsel?

Penulis

  • Wenti Ayu Sunarjo Universitas Pekalongan
  • Muhammad Lukman Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12978

Abstrak

Saat ini, produk jaringan seluler digunakan secara luas oleh manusia dalam aktivitasnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan jaringan seluler tersebut adalah penggunaan telepon seluler dan jumlah telepon seluler yang digunakan. Selain itu, karena jaringan seluler Telkomsel memiliki pengguna terbanyak di Indonesia, hal ini yang mampu memberikan peluang untuk meningkatkan kesadaran pelanggan melalui branding yang sukses. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana variabel brand awarness, brand loyalty, dan brand image memengaruhi kepuasan konsumen. Teknik pengumpulan sampel yang berjumlah 100 responden menggunakan teknik cluster sampling, dengan kuesioner yang diisi secara langsung oleh pengguna provider Telkomsel di Kota Pekalongan. Hasil menunjukkan bahwa brand awarness, brand loyalty, dan brand image memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Namun keterbatasan penelitian yang hanya memilih telkomsel sebagai provider yang menjadi objek penelitian perlu dilakukan penelitian mendatang dengan membandingkan pada privider lainnya untuk menghasilkan data komparasi.

Kata Kunci:

Brand Awareness, brand loyalty, brand image, kepercayaan konsumen

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. Jipis, 31(2), 134-148.

April, J. N., & Darojat, T. A. (2020). Jurnal Ilmu Manajemen ( JMAS ) Jurnal Ilmu Manajemen ( JMAS ). 0(2), 51–57.

Carneli, R. D., & Nurwahyudi, M. R. (2025). Pengaruh Beauty Influencer, Persepsi Harga dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion Vaseline di DIY. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 50–58. . https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12210

Handayani, D. F. R., PA, R. W., & Nuryakin, N. (2021). The influence of e-service quality, trust, brand image on Shopee customer satisfaction and loyalty. Jurnal Siasat Bisnis, 25(2), 119–130. https://doi.org/10.20885/jsb.vol25.iss2.art3

Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh brand awareness dan kepercayaan terhadap keputusan menyalurkan zakat dan donasi melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 284-293.

Mashudy, M., & Surianto, M. A. (2024). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Gudang Garam Surya 12 (Studi Pada Konsumen Di Kabupaten Gresik). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 47–60. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.7725

Muhardono, A., Mahmudah, D. A., Tsamara, T., & Baqo, M. (2023). Penerapan Digitalisasi UMKM melalui E-Commerce dan Portal Informasi sebagai Strategi Pemasaran Produk ATBM Desa Cepagan. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 192–204. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3645

Mere, K., Puspitasari, D., Asir, M., Rahayu, B., & Mas' ud, M. I. (2024). Peran Konten Interaktif dalam Membangun Keterlibatan Konsumen dan Memperkuat Kesetiaan Merek: Tinjauan pada Platform Media Sosial dan Situs Web Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 5455-5556.

Mulyaputri, V. M., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli Merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 91. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p91-101

Nugroho, R. W., Insani, S. F., & Cahyaningrum, B. N. (2020). Pengaruh Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Ekuitas Merek Nike Di Media Sosial Pada Kalangan Konsumen Muda. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 1(1).

Pasaribu, V. L. D. P. D. (2018). PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN KARTU FLEXI PT.TELEKOMUNIKASI SELULER (TELKOMSEL) JAKARTA ( Studi kasus Produk Kartu Flexi Pt.Telkomsel .Jakarta Selatan ). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 117–131. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.858

Pramono, C. J., Kunto, Y. S., & Aprilia, A. (2023). Peran Mediasi Brand Image Dan Brand Experience Pada Pengaruh Perceived Quality Terhadap Post-Purchase Intention Mixue Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(2), 112–120. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.2.112-120

Purnapardi, M. S., & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Product Quality dan Brand Image terhadap Repurchase Intention Produk Kosmetik Halal di E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 136–147. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p136-147

Rachmadhaniyati, R., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dengan Loyalitas Merek dan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1124–1137. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1124-1137

Rachmawati, E., Suliyanto, & Suroso, A. (2022). A moderating role of halal brand awareness to purchase decision making. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 542–563. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2020-0145

Rahmat, R., & Marso, M. (2020). Hubungan Brand Experience, Brand Image, Brand Satisfaction, Dan Brand Loyalty Dalam Pespektif Four-Stage Loyalty Model (Studi Terhadap Mahasiswa Pengguna Smartphone Di Tarakan). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 17–24. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.17-24

Sherry, A., Natsir, A., Indriana, K., & Ghifary, I. (2022). Pengaruh Brand Trust dan Brand Equity terhadap Brand Loyalty Kartu Telkomsel ( Studi Kasus pada Pelanggan Pengguna Kartu Telkomsel di Wilayah Barombong ). 07(01).

SUNARJO, W. A., NURHAYATI, S., & MUHARDONO, A. (2021). Consumer behavior toward adoption of mobile payment: A case study in Indonesia during the COVID-19 pandemic. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 581-590. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0581

Ulfakhatun, U., & Sunarjo, W. A. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Etika Bisnis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Jims Honey Pemalang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 26(1), 59-69.

Wijaya, A. N., Hanik, U., Wulandari, W., Nabila, N., & Kustina, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater di Kabupaten Bekasi. Global: Jurnal Lentera Bitep, 2(01), 28-41.

Unduhan

Abstract Views : 77
Downloads Count: 42

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Sunarjo, W. A., & Lukman, M. (2025). Apakah Konsumen Menunjukkan Kepercayaan Pada Provider Telkomsel?. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 92–105. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12978

Terbitan

Bagian

Articles