Persepsi Konsumen terhadap Transparansi Biaya Perbankan dan Pengaruhnya terhadap Pengelolaan Risiko Keuangan Bank

Penulis

  • Dianningsih Universitas Harapan Bangsa
  • Giovanny Bangun Kristanto Universitas Harapan Bangsa
  • Farida Istiningrum Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12710

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh transparansi biaya perbankan terhadap pengelolaan risiko keuangan di Kabupaten Banyumas. Dengan fokus pada lima variabel utama—kejelasan informasi biaya, kemudahan akses informasi, persepsi keadilan, kepuasan konsumen, dan sistem teknologi—penelitian ini melibatkan 116 responden yang menggunakan layanan perbankan digital. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan untuk mengidentifikasi hubungan sebab-akibat antara variabel independen dan dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa transparansi biaya memiliki peran signifikan dalam memengaruhi kepercayaan dan loyalitas konsumen, yang pada gilirannya berdampak pada efektivitas pengelolaan risiko keuangan. Kemudahan akses informasi, kepuasan konsumen, dan sistem teknologi terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan risiko keuangan. Sebaliknya, persepsi keadilan biaya tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, kelima variabel tersebut berkontribusi signifikan dalam mendukung pengelolaan risiko keuangan. Penelitian ini menegaskan pentingnya transparansi informasi dan inovasi teknologi dalam menciptakan sistem perbankan yang inklusif, terpercaya, dan berkelanjutan. Hasilnya memberikan wawasan bagi lembaga keuangan untuk merancang strategi yang memperkuat hubungan dengan nasabah, serta bagi regulator dalam mengembangkan kebijakan yang mendukung transparansi dan perlindungan konsumen. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan dan mendukung stabilitas keuangan secara keseluruhan.

Kata Kunci:

transparansi biaya, pengelolaan risiko keuangan, kepuasan konsumen, perbankan, sistem teknologi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, M.; Hidayat, R. (2018). Pengaruh Transparansi dan Keadilan Biaya terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah di Indonesia. Islamic Banking and Finance Journal.

Abrianto, H., Farhani, N. H., Bidhari, S. C., Hot, E., & Pasaribu, H. (2024). TRANSPARENCY OF INFORMATION AS A FORM OF CONSUMER PROTECTION IN FINANCIAL SERVICES INDUSTRY ( CASE STUDY ON LIVIN ’ BY MANDIRI MOBILE BANKING USER ). Jurnal Aktual Akuntansi Bisnis Terapan, 7(2), 187–195.

Adams, J. (1965). Inequity in Social Exchange, In Advances in Experimental Social Psychology 2, edited by L. Berkowitz. Academic Press.

Agastia, N. (2010). Analisis Pengaruh Transparansi Dan Kinerja Keuangan Terhadap Profit Distribution Management Bank Umum Syariah. In Skripsi Universitas Diponegoro.

Aida, I. N., Astuti, R. P., Barokah, M., Hermawan, M. R., Ekonomi, F., Islam, U., Haji, K., & Shiddiq, A. (2024). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Implementasi Prinsip Transparansi Dalam Pembiayaan Bank Syariah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(12), 552–559.

Andries, A. M., Nistor Mutu, S., & Sprincean, N. (2018). The Impact of Central Bank Transparency on Systemic Risk. Evidence from Central and Eastern Europe. SSRN Electronic Journal, April, 1–31. https://doi.org/10.2139/ssrn.3080571

Ashari, D. R. W., Al Haris, M. B., Rifa’i, A., & Hidayati, A. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Mitos dan Fakta Perbankan Syariah. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 3(2), 125–133. https://doi.org/10.28926/sinda.v3i2.1178

Christina, & Situmorang, B. (2021). Analysis of Activity Based Costing Method as the Basis Determination of Hospital Services Rates. Conference Series, 16–28. https://www.adi-journal.org/index.php/conferenceseries/article/view/349%0Ahttps://www.adi-journal.org/index.php/conferenceseries/article/download/349/250

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. UNDIP.

Harris, A., Komariah, R., & Sari, N. (2023). Pengaruh Kepatuhan Syariah Dan Transparansi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah (Studi Pada Bmt Assyafi’Iyah Berkah Nasional Lampung Tengah). Hournal Of Syariah Economic and Halal Tourism, 1(2), 33–38.

Haryati, N. (2018). Pengaruh Standar Akuntansi, Transparansi, dan Kinerja Bank terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia dengan Profit Sharing sebagai Variabel Intervensi : Tinjauan Konseptual. Industrial Research Workshop and National Seminar, 9(1), 613–622.

Kotler, P. (2005). The role played by the broadening of marketing movement in the history of marketing thought. Journal of Public Policy & Marketing, 24(1), 114–116.

Nasution, A. H., Nasution, B., Saidin, O. K., & Sunarmi. (2020). Transparency standards and information disclosure of bank business activities. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 452(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1755-1315/452/1/012040

Pertiwi, R. D. (2024). Analysis of Consumer Perceptions of Financial Transparency in Insurance Product Marketing Practices in Indonesia. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(2), 1288–1303. https://doi.org/10.57178/atestasi.v7i2.949

Pratiwi, W., Rizal, N., Indrianasari, N. T., Wiyono, M. W., & Ifa, K. (2019). Auditor competence, auditor independence, auditor experience, audit fees and time budget pressure against fraud detection. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(12), 26–33. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V11I12/20193208

Qiu, C. K. K. (2022). The Influence of Price Transparency on Consumer Perceptions: The Role of Culture and Luxury Brands. Honor Thesis, April.

Rahman, A.; Prasetyo, T. (2019). Persepsi Nasabah terhadap Keadilan Biaya Layanan Perbankan di Indonesia". Ekonomi Dan Keuangan Indonesia.

Sahan, M., Eksi, I. H., & Hacievliyagil, N. (2022). How Does Transparency Affect Bank Risk and Performance? Evidence from Turkey. Problemy Zarządzania - Management Issues, 2022(3 (97)), 148–168. https://doi.org/10.7172/1644-9584.97.8

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Business: A Skill Building Aproach. John Wiley and Sons, Inc.

Shiddiq, M. F. (2023). Kegunaan Terhadap Minat Menggunakan Mobile banking Bank Syariah Indonesia.

Situmorang, F., Syahbana, E., Alisya, J., & Ekonomi, F. (2024). Membangun Kepercayaan Masyarakat Terhadap Bank Syariah: Sebuah Tinjauan Literatur Tentang Strategi dan Tantangan. Ekonomi Keuangan Syariah Dan Akuntansi Pajak, 1(3), 163–177. https://doi.org/10.61132/eksap.v1i3.215

Smith, A.; Tisdel, R. (2018). Fairness in Banking Charges: A Comparative Study in the EU. European Financial Studies Review.

Suryani. (2014). Persepsi Nilai yang Diterima Nasabah pada Layanan Perbankan Syariah : Analisis Konfirmatori Faktor. Finance and Banking Journal, 16(1), 104–124.

Syh, S. N., Anwar, A. N., & Riqqoh, H. S. (2024). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Perbankan Syariah Indonesia. Jurnal Manajemen Dakwah, 2(1), 77–92. https://doi.org/10.22515/jmd.v2i1.8402

Tanuwijaya, A., & Zainul Arifin, A. (2023). Persepsi Resiko Pada Penggunaan M-Banking Dalam Layanan Perbankan Di Indonesia. Distribusi - Journal of Management and Business, 11(2), 165–180. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i2.308

Tong, C., Wong, A., & Leung, S. (2013). The Mediating Effects of Service Charge Transparency on the Relationship between Corporate Social Responsibility and Customer Behaviour in Hong Kong’s Retail Banking Sector. Business and Economic Research, 3(1), 56–88. https://doi.org/10.5296/ber.v3i1.2801

Tulcanaza-Prieto, A. B., Aguilar-Rodríguez, I. E., & Lee, C. W. (2022). Customer Perception and Its Influence on the Financial Performance in the Ecuadorian Banking Environment. Sustainability (Switzerland), 14(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/su14126960

Widhya, K., Putra, S., & Lasmi, N. W. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Keuangan : Analisis Persepsi Kepercayaan , Manfaat , dan Kemudahan pada Minat Nasabah Menggunakan Layanan M-Banking. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 25(1), 55–60.

Undang-Undang

Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Unduhan

Abstract Views : 95
Downloads Count: 80

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Dianningsih, Kristanto, G. B., & Istiningrum, F. (2025). Persepsi Konsumen terhadap Transparansi Biaya Perbankan dan Pengaruhnya terhadap Pengelolaan Risiko Keuangan Bank. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 26–39. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12710

Terbitan

Bagian

Articles