Pengaruh Beauty Influencer, Persepsi Harga dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion Vaseline di DIY

Penulis

  • Refika Dewi Carneli Sekolah Tinggai Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha
  • Muhammad Robi Nurwahyudi Sekolah Tinggai Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12210

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui pengaruh beauty influencer, persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian hand and body lotion Vaseline (studi kasus konsumen di DIY). Dalam penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif, dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini ialah konsumen hand and body lotion Vaseline usia 20-29 tahun perempuan dan laki-laki yang ada di DIY. Penelitian ini memiliki jumlah sampel 100 orang dari hasil perhitungan menggunakan rumus solvin. Pengumpulan sampel dengan simple random sampling yang sampel diambil secara acak dari populasi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan beauty influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan positif dan signifikan, sedangkan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan positif dan signifikan dan brand image memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan positif dan signifikan. Sedangkan dilakukan dengan simultan beauty influencer, persepsi harga dan brand image memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan positif dan signifikan secara bersama-sama

Kata Kunci:

beauty influencer, persepsi harga, brand image, purchasing decisions

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Anas Sudjiono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.

Anzaini, M. S., Anggreni, L., Felicia, N. E., & Mettaritha, R. (2023). Pengaruh Beauty Influencer dan Story Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan pada Media Sosial. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 356–367. https://doi.org/10.5281/zenodo.10278771

Armstrong & Kotler. (2018). Principles of Marketing. New York: Pearson International., 735.

Elisa Devi Pakan dan Sugeng Pirwanto. (2022). Pengaruh Beauty Influencer Dan Kualitas Produk Facial Wash Garnier Di Surabaya. Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 764–772.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 20. Badan Penerbit – Universitas Diponogoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9 (p. 137). Universitas Diponegoro. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=kbmkIQQAAAAJ&citation_for_view=kbmkIQQAAAAJ:XeErXHja3Z8C

Ghozali, I., & Handayani, Rr. Sri, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (Sipkd) Dalam Perspektif the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Utaut 2) Di Kabupaten Semarang. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 15(1), 37. https://doi.org/10.14710/jaa.15.1.37-68

Kemalasari, P., & Suzy Widyasari. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Social Media Marketing, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian. Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 32(2), 133–145. https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.944

Ma’rifah, F. C., Natusion, U. C. M., & Pujianto, A. (2024). Pengaruh Beauty Influencer, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembeelian Produk Skincare Npure Face Toner. CiDEA Journal, 3(1), 105–118. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v3i1.1836

MMD. Hutapean, Pulung Setiosuci Perbawani, S.I.P., M. M. (2016). Beauty Vlogger dan Brand Image (Survei Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Endorser Terhadap Brand Image Produk The Body Shop). Etd.Repository.Ugm.Ac.Id. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/107502

N.A. Bi Rahmani, N. A. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Press FEBI. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=yVzuORQAAAAJ&citation_for_view=yVzuORQAAAAJ:9yKSN-GCB0IC

Nabila, N., & Nuryanto, I. (2024). Pengaruh Brand Image, Product Quality dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sunblock Vaseline Healthy Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen (JIEM) , 2(5), 20–26.

Nugroho, G. L. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP TINGKAT BRAND LOYALTY KONSUMEN MARGARIA BATIK (Studi Kuantitatif Eksplanatif pada Pengikut Instagram @Margariabatik.Id). E-Journal.Uajy.Ac.Id. https://e-journal.uajy.ac.id/30701/

Nurasmi, & Andriana Ana, N. (2024). Pengaruh Peran Beauty Vlogger, Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Di Samarinda. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4901–4920. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Prabowo, A. (2017). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion (Studi : Pengguna Sepeda Motor Yamaha Vixion Di Condongcatur). 1–79.

Risma Nurfadillah dan Riski Wahyuning. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Di Yogyakarta. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(3), 272–284.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In CV SAH MEDIA, Makassar (Vol. 3).

Subiyantoro, A., Astuti, R. D., & Nugroho, H. A. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran, Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen, 15(1), 74. https://doi.org/10.56606/albama.v15i1.29

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. IKAPI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Unduhan

Abstract Views : 398
Downloads Count: 320

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Carneli, R. D., & Nurwahyudi, M. R. (2025). Pengaruh Beauty Influencer, Persepsi Harga dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion Vaseline di DIY. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 50–58. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12210

Terbitan

Bagian

Articles