Analisis Penerapan Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Online (SILAMO)
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.12061Abstrak
Sistem Layanan Adminduk Online merupakan sebuah sistem yang proses pelayanannya dilakukan di desa setempat yang meliputi Pelayanan Pencatatan Biodata Penduduk, Pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga, Pelayanan Penerbitan Keterangan Pindah Datang, Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran, Pelayanan Penerbitan Akta Kematian, Pelayanan Penerbitan Akta Perkawinan, Pelayanan Penerbitan Akta Perceraian, Pelayanan Penerbitan Kutipan Akta Pengakuan dan Pengesahan Anak, Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Perubahan Kewarganegaraan, Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan, Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal. Masyarakat di desa-desa banyak yang belum mengetahui adanya pelayanan secara online yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Sehingga masyarakat masih banyak yang mendatangi kantor untuk mengurus berkas kependudukan. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Desa terkait adanya Pelayanan Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Penerapan Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Online. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan Methode Of Successive (MSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan SILAMO mempermudah masyarakat dapat mengakses layanan administrasi kependudukan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan. Hal ini sangat mempermudah, menghemat waktu, dan mengurangi biaya transportasi. Pemerintah dapat lebih mudah menyediakan informasi secara cepat dan efisien, serta mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.
Kata Kunci:
Kata kunci: Analisis ; Penerapan; Sistem Layanan; Administrasi; KependudukanUnduhan
Referensi
Azizah, N., Dewi, R. K., & Hoerudin, C. W. (2022). Efektivitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten karawang. 1(1), 1–11.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo. Boediono.
Creswell, John W. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Denhardt, J. V, & Denhardt, R. B. (2015). The new public service: Serving, not steering. Routledge.
Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service. New york: The Free. Press.
Nafisah, A., Marwiyah, S., Studi, P., Administrasi, I., & Marga, U. P. (2023). Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital ( GODIGI ) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. 15(3), 507–513.
Rosalina, I. (2019). “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Begulir Di Desa Mantren Kec. Karangerejo Kabupaten Madetan”. Jurnal efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol.01 No 01 ( 1 februari 2019), h.3. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sedarmayanti & Hidayat, S. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.
Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R & D.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kurniawansyah, Wahyu Haryadi, Ismawati, Syafruddin, Sri Rahayu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work