Analisis Penerapan Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Online (SILAMO)

Penulis

  • Kurniawansyah Universitas Samawa
  • Wahyu Haryadi Universitas Samawa
  • Ismawati Universitas Samawa
  • Syafruddin Universitas Samawa
  • Sri Rahayu Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.12061

Abstrak

Sistem Layanan Adminduk Online merupakan sebuah sistem yang proses pelayanannya dilakukan di desa setempat yang meliputi Pelayanan Pencatatan Biodata Penduduk, Pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga, Pelayanan Penerbitan Keterangan Pindah Datang, Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran, Pelayanan Penerbitan Akta Kematian, Pelayanan Penerbitan Akta Perkawinan, Pelayanan Penerbitan Akta Perceraian, Pelayanan Penerbitan Kutipan Akta Pengakuan dan Pengesahan Anak, Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Perubahan Kewarganegaraan, Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan, Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal. Masyarakat di desa-desa banyak yang belum mengetahui adanya pelayanan secara online yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Sehingga masyarakat masih banyak yang mendatangi kantor untuk mengurus berkas kependudukan. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Desa terkait adanya Pelayanan Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Penerapan Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Online. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan Methode Of Successive (MSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan SILAMO mempermudah masyarakat dapat mengakses layanan administrasi kependudukan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke kantor pemerintahan. Hal ini sangat mempermudah, menghemat waktu, dan mengurangi biaya transportasi. Pemerintah dapat lebih mudah menyediakan informasi secara cepat dan efisien, serta mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

Kata Kunci:

Kata kunci: Analisis ; Penerapan; Sistem Layanan; Administrasi; Kependudukan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azizah, N., Dewi, R. K., & Hoerudin, C. W. (2022). Efektivitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten karawang. 1(1), 1–11.

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo. Boediono.

Creswell, John W. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Denhardt, J. V, & Denhardt, R. B. (2015). The new public service: Serving, not steering. Routledge.

Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service. New york: The Free. Press.

Nafisah, A., Marwiyah, S., Studi, P., Administrasi, I., & Marga, U. P. (2023). Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital ( GODIGI ) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. 15(3), 507–513.

Rosalina, I. (2019). “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Begulir Di Desa Mantren Kec. Karangerejo Kabupaten Madetan”. Jurnal efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol.01 No 01 ( 1 februari 2019), h.3. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sedarmayanti & Hidayat, S. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R & D.

Unduhan

Abstract Views : 137
Downloads Count: 121

Diterbitkan

2024-12-02

Cara Mengutip

Kurniawansyah, Haryadi, W., Ismawati, Syafruddin, & Rahayu, S. (2024). Analisis Penerapan Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Online (SILAMO). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(3), 412–419. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.12061

Terbitan

Bagian

Articles