Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brad Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia Kantor Cabang Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11825Abstrak
Banyaknya jenis produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen, mengakibatkan konsumen lebih selektif dalam hal memilih produk dan jasa tersebut. Untuk dapat memenangkan persaingan perusahaan bukan hanya berfokus pada produk atau jasa, melainkan dituntut untuk berorientasi pada pemasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) gambaran kualitas pelayanan; 2) gambaran brand trust; 3) gambaran loyalitas pelanggan; 4) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan; 5) pengaruh brand trust terhadap loyalitas pelanggan; serta 6) pengaruh kualitas pelayanan dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan. Subjek dari penelitian ini adalah para pengguna jasa pengiriman barang PT Pos Indonesia Kantor Cabang Purwakarta. Adapun metode penelitiannya menggunakan deskriptif verifikatif. Sumber data yang dipergunakan adalah primer dan sekunder. Dari populasi yang tidak diketahui jumlahnya, diambil sampel penelitian 100 orang, nonprobability sampling, khususnya sampling insidental. Teknik penumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan studi literatur. Untuk mengukur besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan dalam penggunaan jasa pengiriman barang PT Pos Indonesia Kantor Cabang Purwakarta dengan menggunakan software SPSS versi 26.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 35,05% (rendah), sedangkan pengaruh brand trust terhadap loyalitas pelanggan sebesar 45,56% (sedang). Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan sebesar 44,5% (sedang), sedangkan sisanya 45,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kata Kunci:
Brand Trust, Kualiatas Pelayanan, Loyalitas PelangganUnduhan
Referensi
Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan dan Pencapaian Brand Trust. (Edisi 1) Jawa Timur: Qiara Media.
Arnida. (2020). Brand Trust dan Brand Value. In A. Sudirman (Ed.), Manajemen Merek. CV Media Sains Indonesia.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). (Edisi 1). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P., & Keller Lane Keller. (2020). Manajemen Pemasaran (Edisi 13., Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Priansa, Donni Juni. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. (Edisi 7). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Edisi 2). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Statistika untuk Penelitian (Edisi 31). Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sandra Sriwendiah, Siti Sopiah, Ricky Ekaristy Purwadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work