Peran Mediasi Brand Ambassador pada Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11680Abstrak
Banyaknya industri kosmetik yang bermunculan saat ini, salah satunya produk hand body lotion untuk perawatan kulit tubuh, membuat konsumen mempunyai lebih banyak pertimbangan dalam keputusan pembelian, konsumen cenderung mempunyai ketertarikan lebih seperti dalam hal kualitas dan dari segi promosi melalui brand ambassador yang sangat gencar dilakukan membuat keputusan pembelian terus meningkat. Tujuan dari penelitian untuk memberitahu pengaruh bebebagai faktor seperti harga untuk sebuah produk, kualitas dalam produk dalam melakukan keputusan pembeliannya yang dimediasi oleh brand ambassador. Riset kali ini memakai metode survey, pendekatan deskriptif verifikatif. Dengan tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam riset ini konsumen pada produk hand body lotion scarlett diKabupaten Majalengka, sampel 120 responden. Alat uji analisis melalui SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berdampak positif bersignifikan kepada keputusan pembelian. Kualitas produk pengaruhnya positif bersignfikan kepada keputusan pembelian. Brand ambassador berdampak positif bersignifikan kepada keputusan pembelian. Harga mempunyai perngaruh yang positif tetapi tidak signifikan kepada brand ambassador. Kualitas produk punya pengaruh positif bersignifikan kepada brand ambassador. Harga terhadap keputusan pembelian dimediasi brand ambassador terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kualitas produk terhadap keputusan pembelian dimediasi brand ambassador berdampak positif dan signifikan.
Kata Kunci:
Brand ambassador, harga, keputusan pembelian, kualitas produkUnduhan
Referensi
Abdullah, W. 2019. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. CV Andi Offest, Yogyakarta.
Agustina, Eli Yulia. 2020. Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian(Pada Mahasiswa Universitas Majalengka Pengguna Shopee). Fakultas Ekonmika & Bisnis. Universitas Majalengka : Skripsi.
Ekky Suti Wibisono. 2019 Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokag di Balong Bendo (doctoral dissertation, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA)
Fitriana, Yandri Sudodo dan Lukmanul Hakim. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal manajemen dan bisnis, 2(1), 407341
Ghozali, Imam dan Latan, H. 2020. Partial Least Squares : Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd Edition.). Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Pratiwi, A. D. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen bolu kukus mangga Majalengka). Fakultas Ekonomika & Bisnis. Universitas Majalengka: Skripsi.
Hasibuan, L. 2022, November 04. Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi. Retrieved from cncindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33385138/industrikecantikan-tahan-krisis -laris-manis-meski-pandemi
Samosir, V. H. 2021. Pengaruh Brand Ambassador, Promosi, dan Testimoni E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mahasiswa FEB UMA Pengguna Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Wiwaha, R. P. 2023. Data Penjualan 7 Brand Body Lotion di Marketplace: Scarlett Masih di Peringkat Atas! Retrieved from compas.co.id: https://compas.co.id/article/body-lotion-dimarketplace/
Yulianti, Farida, Lamsah dan Periyado. 2019. Manajemen Pemasaran. Deepublish CV Budi Utama

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kusumadewi R. Neny, L Suparto LM, Alan Rusdiana, Mora Pradilla

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work