Peran Mediasi Brand Ambassador pada Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Penulis

  • Kusumadewi R. Neny Universitas Majalengka
  • L Suparto LM Universitas Majalengka
  • Alan Rusdiana Universitas Majalengka
  • Mora Pradilla Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11680

Abstrak

Banyaknya industri kosmetik yang bermunculan saat ini, salah satunya produk hand body lotion untuk perawatan kulit tubuh, membuat konsumen mempunyai lebih banyak pertimbangan dalam keputusan pembelian, konsumen cenderung mempunyai ketertarikan lebih seperti dalam hal kualitas dan dari segi promosi melalui brand ambassador yang sangat gencar dilakukan membuat keputusan pembelian terus meningkat. Tujuan dari penelitian untuk memberitahu pengaruh bebebagai faktor seperti harga untuk sebuah produk, kualitas dalam produk dalam melakukan keputusan pembeliannya yang dimediasi oleh brand ambassador.  Riset kali ini memakai metode survey, pendekatan deskriptif verifikatif. Dengan tehnik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam riset ini konsumen pada produk hand body lotion scarlett diKabupaten Majalengka, sampel 120 responden. Alat uji analisis melalui SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berdampak positif bersignifikan kepada keputusan pembelian. Kualitas produk pengaruhnya positif bersignfikan kepada keputusan pembelian. Brand ambassador berdampak positif bersignifikan kepada keputusan pembelian. Harga mempunyai perngaruh yang positif tetapi tidak signifikan kepada brand ambassador. Kualitas produk punya pengaruh positif bersignifikan kepada brand ambassador. Harga terhadap keputusan pembelian dimediasi brand ambassador  terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kualitas produk terhadap keputusan pembelian dimediasi brand ambassador berdampak positif dan signifikan.

Kata Kunci:

Brand ambassador, harga, keputusan pembelian, kualitas produk

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, W. 2019. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. CV Andi Offest, Yogyakarta.

Agustina, Eli Yulia. 2020. Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian(Pada Mahasiswa Universitas Majalengka Pengguna Shopee). Fakultas Ekonmika & Bisnis. Universitas Majalengka : Skripsi.

Ekky Suti Wibisono. 2019 Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokag di Balong Bendo (doctoral dissertation, UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA)

Fitriana, Yandri Sudodo dan Lukmanul Hakim. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal manajemen dan bisnis, 2(1), 407341

Ghozali, Imam dan Latan, H. 2020. Partial Least Squares : Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd Edition.). Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Pratiwi, A. D. 2022. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada konsumen bolu kukus mangga Majalengka). Fakultas Ekonomika & Bisnis. Universitas Majalengka: Skripsi.

Hasibuan, L. 2022, November 04. Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi. Retrieved from cncindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221104104902-33385138/industrikecantikan-tahan-krisis -laris-manis-meski-pandemi

Samosir, V. H. 2021. Pengaruh Brand Ambassador, Promosi, dan Testimoni E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mahasiswa FEB UMA Pengguna Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Wiwaha, R. P. 2023. Data Penjualan 7 Brand Body Lotion di Marketplace: Scarlett Masih di Peringkat Atas! Retrieved from compas.co.id: https://compas.co.id/article/body-lotion-dimarketplace/

Yulianti, Farida, Lamsah dan Periyado. 2019. Manajemen Pemasaran. Deepublish CV Budi Utama

Unduhan

Abstract Views : 142
Downloads Count: 132

Diterbitkan

2024-11-14

Cara Mengutip

R. Neny, K., Suparto LM, L., Rusdiana, A., & Pradilla, M. (2024). Peran Mediasi Brand Ambassador pada Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(3), 288–298. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11680

Terbitan

Bagian

Articles