Penanganan Kredit Bermasalah Pada Perumda BPR Bank Gresik
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11516Abstrak
BPR Bank Gresik merupakan lembaga keuangan yang bergerak di bidang jasa perbankan yang memberikan pelayanan kepada nasabah, salah satu jasa yang diberikan adalah berupa pemberian fasilitas kredit. Kredit memiliki risiko kerugian jika tidak dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas dan mengambil tindakan yang tepat dalam penyelesaian kredit macet berbasis Non-Performing Loan pada “Perumda BPR Bank Gresik”. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan cara penanganan dan mengetahui kredit bermasalah pada bank. Hasil yang diperoleh peneliti adalah permasalahan kredit yang setiap tahunnya mengalami peningkatan nilai NPL lebih dari 5%, disebabkan karena pegawai bank sering mengabaikan pengawasan dan banyak nasabah yang sengaja tidak membayar. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kredit bermasalah maka PERUMDA BPR Bank Gresik hendaknya “Lebih Meningkatkan Pengawasan” terhadap kredit yang diberikan, baik dari sisi kepengurusan maupun kondisi debitur, sebelum kredit diberikan, pihak bank memperhatikan kriteria calon nasabah untuk menghindari terjadinya kredit bermasalah.
Kata Kunci:
kredit bermasalah, kredit, bprUnduhan
Referensi
Agustina, D., Sari, W., Widianto, A., Studi, P., Politeknik, D. A., Bersama, H., Studi, P., Politeknik, D. A., Of, A., Performance, E., Issuance, I., Trading, O., Permits, B., The, A., Investment, S., Office, S., & Tegal, I. (2006). BUMIHARJA KABUPATEN TEGAL. 1–8.
Desda, M. M., & Yurasti, Y. (2019). Analisis Penerapan Manajemen Risiko Kredit Dalam Meminimalisir Kredit yang bermasalah Pada PT. BPR Swadaya Anak Nagari Bandarejo Simpang Empat Periode 2013-2018. Mbia, 18(1), 94–106. https://doi.org/10.33557/mbia.v18i1.351
Diyanti, A., & Widyarti, E. T. (2012). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Terjadinya Non Performing Loan. Diponegoro Journal of Management, 1(2), 290–299.
Firmansyah, A., & Fernos, J. (2019). Analisis Kredit yang bermasalah Dilihat Dari Standar Non Performing Loan (Npl) Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Prima Mulia Anugrah Cabang Padang. OSF Prepints Journal, 1(1), 1–13.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:CV ALFABETA.
Kasmir, 2014, Dasar – Dasar Perbankan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Kurniati, T., & Nurhayati, N. (2020). Analisis Kredit yang bermasalah Dilihat Dari Standar Non Performing Loan (Npl) Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Inovator, 9(1), 17. https://doi.org/10.32832/inovator.v9i1.3001
Rahayu, Y. N., Putra, Y. E., & Susanto, R. (2022). Analisis Tingkat Kesehatan Bank Ditinjau Dari Non Performing Loan (NPL) Pada PT. BPR Batang Selo Padang Ganting. 1–13. https://osf.io/dsgjz/download
Reviandani, W., & Pristyadi. (2019) Pengantar Akuntansi. Indomedia Pustaka
Usriyati, R., Priyono, N., & Khabibah, N. A. (2022). Penanganan Kredit yang bermasalah (Non Performing Loan) Pada PT. BPR BKK Muntilan (Perseroda). Akuntansi Dan Manajemen, 17(1), 60–71. https://doi.org/10.30630/jam.v17i1.176

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Fitri Aprilia, Anita Akhiruddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work