Efek Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Melanjutkan Studi Di STIkes KHAS Kempek Dengan Citra Kampus Dan Kualitas Pendidikan Sebagai Variabel Intervening

Penulis

  • Muhammad Arwani Universitas Kuningan
  • Lili Karmela Fitriani Universitas Kuningan
  • Yanneri Elfa Kiswara Rahmantya Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11472

Abstrak

Tujuan Penelitian yakni : 1) menguji pengaruh komunikasi pemasaran terhadap citra kampus 2) menguji pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat melanjutkan studi 3) menguji pengaruh kualitas pendidikan terhadap citra kampus 4) menguji pengaruh citra kampus terhadap minat melanjutkan studi 5) menguji pengaruh kualitas pendidikan terhadap minat melanjutkan studi 6) menguji citra kampus dalam memediasi pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat studi 7) menguji kualitas pendidikan dapat memediasi pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat studi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MA KHAS Kempek Tahun 2024 sebanyak 450 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Perhitungan jumlah sampel memakai rumus slovin dengan tingkat kesalahan atau prosentase ketidaktelitian yang masih dapat ditolelir sebesar 5% diperoleh sapel sebanyak 228 siswa. Hasil penelitian yakni: 1) komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra kampus 2) komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat lanjut studi 3) komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pendidikan 4) citra kampus tidak berpengaruh terhadap minat lanjut studi 5) kualitas pendidikan  tidak berpengaruh terhadap minat lanjut studi 6) citra kampus mampu memediasi secara parsial pengaruh komunikasi pemasaran terhadap proses minat lanjut studi 7) kualitas pendidikan mampu memediasi pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat lanjut studi.

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran, Citra Kampus, Kualitas Pendidikan, Minat Lanjut Studi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Augusty, f. (2016). Metode penelitian manajemen. Semarang: badan penerbit universitas diponegoro.

Cavanagh, a. J., chen, x., bathgate, m., frederick, j., hanauer, d. I., & graham, m. J. (2018). Trust, growth mindset, and student commitment to active learning in a college science course. Cbe life sciences education, 17(1), 1–8. Https://doi.org/10.1187/cbe.17-06-0107

Chalil, r. D. (2020). Brand, islamic branding & rebranding. Peran strategi merek dalam menciptakan daya saing industri dan bisnis global. Jakarta: rajagrafindo persada.

Juliana, j., & johan, j. (2020). Pengaruh brand image terhadap proses keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening. Journal of business and banking, 9(2), 229. Https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1978

Karno, e. (2019). Mutu pendidikan dan inovasi pembelajaran. Kendari: uho edupress.

Augusty, f. (2016). Metode penelitian manajemen. Semarang: badan penerbit universitas diponegoro.

Cavanagh, a. J., chen, x., bathgate, m., frederick, j., hanauer, d. I., & graham, m. J. (2018). Trust, growth mindset, and student commitment to active learning in a college science course. Cbe life sciences education, 17(1), 1–8. Https://doi.org/10.1187/cbe.17-06-0107

Chalil, r. D. (2020). Brand, islamic branding & rebranding. Peran strategi merek dalam menciptakan daya saing industri dan bisnis global. Jakarta: rajagrafindo persada.

Juliana, j., & johan, j. (2020). Pengaruh brand image terhadap proses keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening. Journal of business and banking, 9(2), 229. Https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1978

Karno, e. (2019). Mutu pendidikan dan inovasi pembelajaran. Kendari: uho edupress.

Margono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Mukhsin, M. (2022). Membangun Kualitas Hubungan Rantai Pasokan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nurmawati. (2019). Perilaku Konsumen & Keputusan Pembelian. Malang: Media Nusa Creative.

Nursaid, Purnomo, S. H., & Qomariah, N. (2020). The Impact of Service Quality and Institutional Image on the Satisfaction and Loyalty of Master of Management Students. 436, 156–161. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.033

Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. (2018). Customer Behavior & Marketing Stategy (Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran). Edisi Kesembilan. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Pham, L., Limbu, Y. B., Bui, T. K., Nguyen, H. T., & Pham, H. T. (2019). Does e- learning service quality influence e-learning student satisfaction and loyalty? Evidence from Vietnam. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41239-019-0136-3

Warsito, C. I. S. D. D. W. (2022). Membranding Bank Syariah Melalui Citra, Standarisasi dan Niat Merekomendasikan. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Wibowo, Ratna Andi (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang: Penerbit Universitas Semarang.

Wirjawan, T. W., Kusuma, R. W., & Guntur, M. (2021). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pelita Bangsa. Jurnal Pelita Ilmu, 15(02), 146–153.

Wiyata, M. T., & Awaliah, N. N. (2019). Pengaruh Budaya Dan Kepercayaan Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Institut Manajemen Wiyata Indonesia. Cakrawala, 2(April), 32–46.

Yolanda, A. N. N. A. S. (2021). Peranan Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Perusahaan. Sumatera Utara: Cattleya Darmaya Fortuna.

Yusnita. (2019). Pola Perilaku Konsumen dan Produsen. Semarang: Alprin.

Unduhan

Abstract Views : 105
Downloads Count: 68

Diterbitkan

2024-11-15

Cara Mengutip

Arwani, M., Fitriani, L. K., & Rahmantya, Y. E. K. (2024). Efek Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Melanjutkan Studi Di STIkes KHAS Kempek Dengan Citra Kampus Dan Kualitas Pendidikan Sebagai Variabel Intervening. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(3), 299–305. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11472

Terbitan

Bagian

Articles