Pengaruh Brand Identity Dan Food Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Rocket Chicken Di Kabupaten Majalengka)
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.10931Abstrak
Perkembangan bisnis saat ini di Indonesia mencerminkan perpaduan antara pertumbuhan ekonomi yang kuat dan tantangan yang dihadapi dalam menghadapi dinamika global dan lokal. Salah satu ciri utama perkembangan bisnis di Indonesia adalah infrastruktur internet yang semakin baik dan penetrasi smartphone yang meningkat dan telah menciptakan peluang baru bagi pelaku bisnis untuk mencapai konsumen di seluruh negeri, termasuk salah satunya bisnis restoran dan rumah makan yang berbasis franchise dalam industri kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand identity dan food quality terhadap loyalitas pelanggan rumah makan Rocket Chicken di Kabupaten Majalengka. Sumber data berupa data primer, yang dikumpulkan menggunakan kuisioner. Populasi penelitian adalah pelanggan rumah makan Rocket Chicken yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel penelitian diambil secara acak dengan tehnik aksidental sampling dan berjumlah 100 responden. Tehnik analisis data dilakukan dengan uji regresi linier berganda, uji parsial, uji kelayakan model, serta uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regresi linier berganda memenuhi seluruh asumsi klasik dan model yang terdiri dari variabel bebas brand identity dan food quality layak digunakan untuk memprediksi loyalitas pelanggan. Secara parsial baik brand identity dan food quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan rumah makan Rocket Chicken. Untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, rumah makan Rocket Chicken harus membuat promosi harian sehingga dengan adanya promosi harian maka pelanggan akan senantiasa mengunjungi rocket chicken dalam waktu dekat dan mempertahankan kualitas produk serta meningkatkan kualitas pelayanan
Kata Kunci:
Costumer Loyalty, Brand Identity, Food QualityUnduhan
Referensi
Aaker & McLoughlin. 2020. Strategic Market Management. John Wiley & Sons, Inc
Achamd Tegar Sugianto dan Ginanjar Syamsuar. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Makanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Double’b Bellas Bananas Tangerang. Jurnal STEI Ekonomi, Vol XX, No XX.
Adelia Efendy. 2020. Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Loyalty melalui Brand Image dan Brand Trust Honda Motor. Jurnal Ekonomi, 3 (1).
Adistiyani Laras Hati, I Nyoman Sudiarta dan Putu Eka Wirawan. 2023. Pengaruh Kualitas Makanan dan Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(10), 2153-2169.
Assael, H. 2022. Consumer Behaviour and Marketing Action. New York: Kent Publishing
Bank Indonesia, (2024), Laporan Perekonomian Makro Indonesia Kuartal IV, Jakarta..
Cristian Rizqi Anggraini dan Juhanda. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Ruby Restoran Royal Hotel N’Lounge. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 6(1), 18-23.
Dadang Sudirno dan Suparto. 2021. Metodelogi Penelitian Ekonomika dan Bisnis. Universitas Majalengka.
Devrilia Siska Audriawati. 2021. Anteseden customer loyalty pada fast food restaurant. Jurnal Manajemen 4 (2).
Dewi Rahmawati, Aini Kusniawati dan Kasman. 2020. Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Samsung Smartphone (Studi Kepada Konsumen Albani Celluler Rajadesa). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 38-48.
Dita. 2022. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan) . Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 37 (1). 171-177.
Fandy Tjiptono dan Chandra. 2019. Strategi Pemasaran. Andi Offset : Yogyakarta
Ferdiansyah. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Kualitas Suasana dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Peran Karakteristik Pelanggan di Restoran Kintan dan Hanamasa Buffet Surabaya. (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Hapsari. et.al. 2021. Mentorship in Developing Micro Enterpreneur of Rengginang Business in Babakan Mulya Village, Kuningan City, West Java. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 131-141.
Imam Ghozali. 2021. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro
Infobrand.id 20 September 2023. Jadi Pilihan Bisnis, Rocket Chicken Sukses Hadirkan 739 Outlet di Usia Ke-10 Tahun. Diakses 30 Mei 2024
Kapferer. 2021. Measuring Consumer Involvement Profiles. Journal of Marketing Research, Vol 22: 41-53
Keller & Swaminathan. 2020. Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Fifth Edition). Pearson Education.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2019. Principles of Marketing, 14th Ed, Prentice Hall, Jakarta
Robbins. 2018. Perilaku Organisasi. Salemba Empat

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Haris Fauzi, L Suparto, Tita Monica

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work