IDEOLOGI KAPITALISME DALAM IKLAN SUSU ANAK DI TELEVISI: KAJIAN ANALISIS WACANA KRITIS

Penulis

  • Rhani Febria Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau
  • Erniwati Universitas Islam Riau
  • Alber Universitas Islam Riau

Abstrak

Iklan televisi memiliki peran penting dalam membentuk persepsi dan pola konsumsi masyarakat. Dalam periklanan, seringkali terdapat ideologi tersembunyi di balik pesan yang ingin disampaikan. Salah satu produk yang sering diiklankan yaitu susu anak, yang tidak hanya dipromosikan sebagai sumber nutrisi penting, tetapi juga sering kali membawa muatan ideologis tertentu. Salah satu ideologi yang kerap muncul dalam iklan susu anak ialah kapitalisme. Pada penelitian ini, iklan susu anak di televisi dipilih sebagai objek penelitian untuk mengkaji bagaimana kapitalisme memengaruhi pesan-pesan yang disampaikan kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalis bagaimana ideologi kapitalisme yang digunakan dalam iklan susu formula anak-anak di televisi melalui pendekatan analisis wacana kritis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengkonstruksikan elemen struktural iklan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh iklan dari youtube   kemudian ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan, selanjutnya  dideskripsikan, dianalisis, dan ditafsirkan sesuai dengan pendekatan analisis wacana kritis. Hasil penelitian yang dilihat dari aspek linguistik Iklan susu SGM Explore 1+, Bebelac, dan Dancow 1+ memanfaatkan kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan kohesi gramatikal untuk mempengaruhi keputusan konsumsi. Praktik wacana dalam iklan menunjukkan bagaimana teks iklan diproduksi dengan strategi kapitalisme, seperti penekanan pada harga terjangkau (SGM Explore), hubungan emosional (Bebelac), dan kecerdasan anak (Dancow). Konsumsi teks mencerminkan respons masyarakat yang berbeda berdasarkan latar belakang sosial. Pada praktik sosial, ideologi kapitalisme memengaruhi perilaku konsumen melalui empat dimensi: keunggulan produk, harga, kesesuaian dengan preferensi, dan aspek emosional. Dengan demikian, penelitian tentang ideologi kapitalisme dalam iklan susu di televisi memiliki urgensi yang signifikan dalam memahami pengaruh iklan terhadap masyarakat, industri, dan akademis.

Kata kunci: Ideologi Kapitalisme; Iklan Susu Anak,  Analisis Wacana Kritis

 

Television advertisements are important in shaping people's perceptions and consumption patterns. In advertising, there is often a hidden ideology behind the message being conveyed. One of the products that is often advertised is children's milk, which is not only promoted as a source of important nutrition, but also often carries a certain ideological content. One ideology that often appears in children's milk advertisements is capitalism. In this study, children's milk advertisements on television were chosen as the object of research to examine how capitalism influences the messages conveyed to consumers. The purpose of this study is to analyze how the ideology of capitalism is used in children's formula milk advertisements on television through a critical discourse analysis approach. This study uses a qualitative method to construct the structural elements of advertisements. Data collection was carried out by downloading advertisements from YouTube, and then transcribing them into written form, describing, analyzing, and interpreting them according to the critical discourse analysis approach. The results of the study, seen from the linguistic aspect of SGM Explore 1+, Bebelac, and Dancow 1+ milk advertisements, utilize declarative, imperative, interrogative sentences, and grammatical cohesion to influence consumption decisions. Discourse practices in advertising show how advertising texts are produced with capitalist strategies, such as emphasizing affordable prices (SGM Explore), emotional relationships (Bebelac), and children's intelligence (Dancow). Consumption of texts reflects different societal responses based on social background. In social practice, capitalist ideology influences consumer behavior through four dimensions: product superiority, price, suitability to preferences, and emotional aspects. Thus, research on capitalist ideology in television milk advertisements has significant urgency in understanding the influence of advertising on society, industry, and academia.

Keywords: Capitalist Ideology; Children's Milk Advertisement, Critical Discourse Analysis

Kata Kunci:

ideologi kapitalisme, iklan susu anak, analisis wacana kritis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 41
Downloads Count: 53

Diterbitkan

2025-03-11

Cara Mengutip

Febria, R., Fatmawati, Erniwati, & Alber. (2025). IDEOLOGI KAPITALISME DALAM IKLAN SUSU ANAK DI TELEVISI: KAJIAN ANALISIS WACANA KRITIS. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 9(1), 124–138. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/diglosia/article/view/13295

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.