Implementasi Science, Environment, Technology and Society (SETS) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Perubahan Lingkungan

Penulis

  • Hana Rohmatun Universitas Majalengka
  • Vitta Yaumul Hikmawati Pendidikan Biologi

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v3i1.12834

Abstrak

Penelitian ini menguji tentang efektivitas model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep perubahan lingkungan di SMAN “X” Majalengka. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode One-Group Pretest Posttest, penelitian ini menemukan bahwa penerapan model SETS terlaksana dengan baik dan berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan N-Gain sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil tersebut menunjukkan efektivitas model SETS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Kata Kunci:

SETS, Berpikir kreatif, Model pembelajaran, Perubahan lingkungan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 41
Downloads Count: 23

Diterbitkan

2025-01-18

Cara Mengutip

Rohmatun, H., & Hikmawati, V. Y. (2025). Implementasi Science, Environment, Technology and Society (SETS) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Perubahan Lingkungan. PEDAGOGI BIOLOGI, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/pb.v3i1.12834