Implementasi Science, Environment, Technology and Society (SETS) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Perubahan Lingkungan

Authors

  • Hana Rohmatun Universitas Majalengka
  • Vitta Yaumul Hikmawati Pendidikan Biologi

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v3i1.12834

Abstract

Penelitian ini menguji tentang efektivitas model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep perubahan lingkungan di SMAN “X” Majalengka. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode One-Group Pretest Posttest, penelitian ini menemukan bahwa penerapan model SETS terlaksana dengan baik dan berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan N-Gain sebesar 0,62 (kategori sedang). Hasil tersebut menunjukkan efektivitas model SETS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Keywords:

SETS, Berpikir kreatif, Model pembelajaran, Perubahan lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 41
Downloads Count: 23

Published

2025-01-18

How to Cite

Rohmatun, H., & Hikmawati, V. Y. (2025). Implementasi Science, Environment, Technology and Society (SETS) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Perubahan Lingkungan. PEDAGOGI BIOLOGI, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/pb.v3i1.12834