Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Marketing Berbasis Digitalisasi Bagi Para Pelaku Umkm Di Desa Cilembu Dan Desa Cigendel

Authors

  • Ginan Wibawa STAI Yapata Al-Jawami Bandung, Indonesia
  • Fitriana Dewi Sumaryana Ikopin University, Indonesia
  • Agrivinie Rainy Firohmatillah Ikopin University, Indonesia
  • Sulastri STAI Yapata Al-Jawami Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9068

Keywords:

Pelatihan, UMKM, Digital Marketing

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan promosi atau pencarian pasar melalui media digital secara online dengan tujuan untuk menarik konsumen secara cepat.. tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para kelompok UMKM masyarakat yang ada di Desa Cilembu dan Desa Cigendel, agar mampu berinovasi dalam memasarkan produk mereka dengan cara memanfaatkan internet baik lewat situs web, media social, dan saluran serupa lain nya sebagai sarana agar produk yang mereka hasilkan dapat dijangkau lebih luas lagi. Metode yang digunakan dalam kegiatin pelatihan ini menggunakan metode kualitatif deskriftip dengan cara diskusi, penyuluhan, pelatihan, dan evaluasi secara langsung kepada para pelaku UMKM. Hasil pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM di Desa Cilembu dan Cigendel dalam memasarkan produknya secara digital aagar produk yang mereka hasilkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan pelatihan dan demonstrasi tentang cara melakukan pemasaran secara marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Wibawa, G., Sumaryana , F. D., Firohmatillah , A. R., & Sulastri. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Marketing Berbasis Digitalisasi Bagi Para Pelaku Umkm Di Desa Cilembu Dan Desa Cigendel . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1670–1676. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9068

Issue

Section

Articles