Pendampingan Inkobator Bisnis dalam Bidang Pemasaran Pada UMKM Nasi Merah “Mbak Retno” Kelurahan Bugangan Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9048Abstract
Banyaknya UMKM yang masih takut dan tidak bisa mengikuti perkembangan digital karena kurangnya kemampuan teknologi, keahlian dalam memasarkan produk masih sederhana, modal, dan trust issue terkait penipuan. Dari beberapa hasil studi penerapan pemasaran digital khususnya google bisnis dianggap sebagai platform pemasaran digital yang mudah dan dapat menarik calon pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, harga dan tempat usaha. Sementara Merek merupakan erat dikaitkan dengan simbol, value proposition, dan positioning di pasar, maka pembuatan sebuah logo hendaknya dapat memberikan suatu tambahan nilai bagi pelanggan dengan tujuan mudah dikenali dan memiliki ciri khas khusus yang menandakan keunikan sebuah merek usaha. Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbentuk pendampingan digital marketing dan branding dilakukan pada bisnis nasi merah dengan merek Mbak Retno. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah deskriptif analisis dan dievaluasi menggunakan wawancara dan observasi dengan membandingkan hasil dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini telah berhasil memenuhi indikator keberhasilan seperti adanya akun google bisnis, dan review dari hasil kunjungan pelanggan serta adanya logo baru yang lebih unik dan mudah dikenali. Keterbatasan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pembahasan hanya terbatas pada manajemen pemasarannya saja.
Keywords:
Google bisnis, pemasaran digital, merekDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juventius Wahyu Utama, Wulandari, Anoki Herdian Dito, Dian Prasetyo Widyaningtyas, Bonaventura Hendrawan Maranatha, Florentina Ajeng Tiya Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work