EDUKASI MENDORONG PARTISIPASI AKTIF PENYANDANG DISABILITAS GUNA MENCEGAH GOLPUT DI DESA SANUR KAJA

Authors

  • Kadek Januarsa Adi Sudharma Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Winda Trisna Utami Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8975

Keywords:

Penyandang Disabilitas, Partisipasi, Desa Sanur Kaja

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pemilu adalah tingkat partisipasi yang tinggi. Tingginya partisipasi menjamin legitimasi pemerintahan dan perlindungan hak pilih warga negara, termasuk kelompok rentan seperti penyandang disabilitas. Partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pemilu 2024 di Desa Sanur Kaja sangat penting karena nantinya akan memiliki dampak kepemimpinan yang berkualitas. Terlebih partisipasi dalam penyandang disabilitas yang dilihat dari beberapa research memiliki jumlah partisipasi yang sangat minim. Dalam upaya untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan pemilu dan melakukan sebuah program pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan literasi pemilu 2024 kepada masyarakat penyandang disabilitas. Penelitian ini menjelaskan pelaksanaan Program Kerja dalam rangka Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan judul “Edukasi Mendorong Partisipasi Aktif Penyandang Disabilitas Guna Mencegah Golput Desa Sanur Kaja. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi berkunjung ke rumah warga penyandang disabilitas yang dimana pengabdian ini di laksanakan dengan mitra penduduk di Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Hasil dan analisis menunjukkan kegiatan ini berhasil mengedukasi warga penyandang disabilitas mengenai partisipasi aktif mereka dalam pemilu 2024 dan meningkatkan kesadaran warga penyandang disabilitas untuk menggunakan hak suaranya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Sudharma, K. J. A., & Utami, N. P. W. T. (2024). EDUKASI MENDORONG PARTISIPASI AKTIF PENYANDANG DISABILITAS GUNA MENCEGAH GOLPUT DI DESA SANUR KAJA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1605–1612. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8975

Issue

Section

Articles