Pengembangan Masyarakat Melalui Pendidikan Keterampilan Menanam Sayur Skala Rumah Tangga Di Kelurahan Teluk Lerong Ilir

Authors

  • Ridwan Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
  • Muhamad Alisalman Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
  • Saraka Saraka Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
  • Sri Wahyuni Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
  • Hepy Tri Winarti Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman
  • Mustangin Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8749

Keywords:

Hidroponik, Pendidikan Keterampilan, Ketahanan Pangan, Pengembangan Masyarakat

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil di dalam masyarakat, sebagai salah satu organisasi terkecil di masyarakat keluarga memiliki peran dalam mensejahterakan anggota keluarga. Salah satunya adalah meningkatkan ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga berkaitan dengan kebutuhan pangan pada setiap keluarga yang ada, artinya setiap keluarga harus memastikan kebutuhan pangan tercapai. Ketahanan keluarga berkaitan dengan ketahanan pangan keluarga itu sendiri. Oleh karena itu, keluarga harus memiliki sumber pangan mandiri. Sumber pangan mandiri dapat dibuat dengan jalan hidroponik sehingga masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan sayur untuk pangannya. Kelurahan Teluk Lerong RT 28 Jalan Siti Aisyah Kota Samarinda, tempat dilakukan kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki lahan sempit sehingga adanya keterbatasan dalam melakukan tanam menanam. Masyarakat kelurahan teluk lerong ilir bergantung pada ketersediaan sayur dari pasar. Berdasarkan hal tersebut maka sistem pertanian hidroponik dapat menjadi solusi dalam upaya ketahanan pangan khususnya ketahanan pangan yang ada di kota seperti Kota Samarinda. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan untuk memberikan keterampilan masyarakat dalam hidroponik. Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan perizinan untuk pengkondisian awal masyarakat, tahapan penyusunan perangkat pembelajaran, dan tahapan pelaksanaan. Pelaksanaan dilaksanakan dengan pemaparan materi yang dilanjutkan dengan diskusi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat diikuti oleh peserta atau masyarakat sasaran dengan penuh antusias. Hal ini diketahui dari adanya keaktifan saat diskusi dan juga pelaksanaan praktek bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Ridwan, R., Alisalman, M., Saraka, S., Wahyuni, S., Winarti, H. T., & Mustangin, M. (2024). Pengembangan Masyarakat Melalui Pendidikan Keterampilan Menanam Sayur Skala Rumah Tangga Di Kelurahan Teluk Lerong Ilir. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1425–1430. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8749

Issue

Section

Articles