Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoroto
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8542Abstract
Aktivitas perekonomian masyarakat lokal mempunyai dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan keuangan suatu negara. Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan UKM, terdapat 65,5 juta UMKM di Indonesia atau mencakup 99% dari seluruh badan usaha. Sektor UMKM berkontribusi sebesar 61% atau senilai Rp 9.580 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Faktanya, kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total Angkatan kerja. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat Desa Podoroto adalah pelaku usaha memiliki logo yang inovatif, kemasan yang sesuai dan memiliki legalitas usaha. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam pengabdian ini adalah pendekatan andragogi dengan menggunakan 3 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksaan, dan tahap evaluasi. Dari hasil pengabdian menunjukkan bahwa minat pelaku usaha Desa Podoroto dalam mengikuti pelatihan sangat besar dan sangat antusias pada jenis penginovasian logo, digital marketing serta legalitas usaha. Hal yang perlu dilakukan pelatihan secara berulang yaitu mengenai legalitas usaha karena pembuatan legalitas bagi pelaku usaha perlu didampingi secara berskala untuk mendapatkan pemahaman yang maksimal. Pengabdian masyarakat dengan melibatkan pelaku usaha Desa Podoroto dapat membantu dalam pengembangan usaha nya agar produk yang dimiliki siap dipasarkan dan di edarkan pada pasar global
Keywords:
Pelatihan, Branding Produk, digital marketingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Refi Ika Maulia, Pamuji Adhe Saputra, Latansa Bil Khoiriyah, Roy Wahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work