Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoroto

Authors

  • Refi Ika Maulia Universitas PGRI Jombang
  • Pamuji Adhe Saputra Universitas PGRI Jombang
  • Latansa Bil Khoiriyah Universitas PGRI Jombang
  • Roy Wahyuningsih Universitas PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8542

Keywords:

Pelatihan, Branding Produk, digital marketing

Abstract

Aktivitas perekonomian masyarakat lokal mempunyai dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan keuangan suatu negara. Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan UKM, terdapat 65,5 juta UMKM di Indonesia atau mencakup  99% dari seluruh badan usaha. Sektor UMKM berkontribusi sebesar 61% atau senilai Rp 9.580 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Faktanya, kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total Angkatan kerja. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat Desa Podoroto adalah pelaku usaha memiliki logo yang inovatif, kemasan yang sesuai dan memiliki legalitas usaha. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam pengabdian ini adalah pendekatan andragogi dengan menggunakan 3 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksaan, dan tahap evaluasi. Dari hasil pengabdian menunjukkan bahwa minat pelaku usaha Desa Podoroto dalam mengikuti pelatihan sangat besar dan sangat antusias pada jenis penginovasian logo, digital marketing serta legalitas usaha. Hal yang perlu dilakukan pelatihan secara berulang yaitu mengenai legalitas usaha karena pembuatan legalitas bagi pelaku usaha perlu didampingi secara berskala untuk mendapatkan pemahaman yang maksimal. Pengabdian masyarakat dengan melibatkan pelaku usaha Desa Podoroto dapat membantu dalam pengembangan usaha nya agar produk yang dimiliki siap dipasarkan dan di edarkan pada pasar global

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Maulia, R. I., Saputra, P. A., Khoiriyah, L. B., & Wahyuningsih, R. (2024). Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoroto. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1351–1357. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8542

Issue

Section

Articles