Pelatihan GeoGebra Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Materi Turunan Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al-Falak Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8408Abstract
Matematika merupakan ilmu yang masih dianggap sulit oleh siswa khususnya siswa menengah atas. Anggapan sulit diawal pembelajaran menjadi salah satu penghambat dalam memahami materi khususnya materi turunan. Pembelajaran konsep memerlukan bentuk secara visual agar materi mudah dipahami. Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Al-Falak Kota Bogor pun mengalami masalah yang sama dalam pembelajaran materi turunan. Siswa sulit membayangkan grafik dari konsep fungsi turunan. Penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi GeoGebra dapat membantu siswa dalam memahami konsep turunan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa Madrasah Aliyah Al-Falak khususnya pada materi turunan. Metode pelaksanan pengabdian dengan memberikan pelatihan penggunaan GeoGebra pada materi turunan. Pelatihan dibagi menjadi empat sesi yaitu pretest, pemaparan materi, latihan soal, dan post-test. Berdasarkan hasil Uji t-berpasangan diperoleh bahwa nilai post-test secara signifikan lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran materi turunan berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Nilai rata-rata post-test mencapai 80,08 melampaui nilai KKM sebesar 78.
Keywords:
Turunan, GeoGebra, Uji t-BerpasanganDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ani Andriyati, Isti Kamila, Embay Rohaeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work