Pelatihan GeoGebra Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Materi Turunan Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al-Falak Kota Bogor

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8408

Keywords:

Turunan, GeoGebra, Uji t-Berpasangan

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang masih dianggap sulit oleh siswa khususnya siswa menengah atas. Anggapan sulit diawal pembelajaran menjadi salah satu penghambat dalam memahami materi khususnya materi turunan. Pembelajaran konsep memerlukan bentuk secara visual agar materi mudah dipahami. Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Al-Falak Kota Bogor pun mengalami masalah yang sama dalam pembelajaran materi turunan. Siswa sulit membayangkan grafik dari konsep fungsi turunan. Penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi GeoGebra dapat membantu siswa dalam memahami konsep turunan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa Madrasah Aliyah Al-Falak khususnya pada materi turunan. Metode pelaksanan pengabdian dengan memberikan pelatihan penggunaan GeoGebra pada materi turunan.  Pelatihan dibagi menjadi empat sesi yaitu pretest, pemaparan materi, latihan soal, dan post-test. Berdasarkan hasil Uji t-berpasangan diperoleh bahwa nilai post-test secara signifikan lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran materi turunan berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Nilai rata-rata post-test mencapai 80,08 melampaui nilai KKM sebesar 78.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Andriyati, A., Kamila, I., & Rohaeti, E. (2024). Pelatihan GeoGebra Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Materi Turunan Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al-Falak Kota Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1300–1307. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8408

Issue

Section

Articles