STRATEGI PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK PENJUALAN DAN PAJAK UMKM DI MASA PANDEMI

Abstract Views : 1963 / Downloads Count: 1667

Authors

  • Ari Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Yopy Ratna Dewanti Politeknik LP3I Jakarta
  • Ria Estiana Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.731

Keywords:

UMKM, perencanaan keuangan, keberlangsungan usaha

Abstract

Persaingan usaha yang semakin ketat dengan adanya modernisasi menjadikan posisi UMKM sangat rentan dengan keberlanjutannya. Apalagi saat pandemi yang melanda beberapa negara khususnya di Indonesia berdampak besar terhadap UKM yang sedang berkembang saat ini. UKM yang mampu bersaing mampu menyesuaikan namun apabila tidak mampu menyesuaikan dengan kondisi maka akan gulung tikar.Tujuan diadakan pengabdian ini adalah untuk membantu memberikan solusi kepada para pelaku UMKM dalam menghadapi masa pandemi khususnya untuk perencanaan keuangan agar dapat bertahan dan melakukan invosi dan beradaptasi dengan adanya perkembangan digitalisasi. Metode yang digunakan adalah melalui Metode Online, Metode ceramah/pemberian materi dan Metode Diskusi. Hasil dari pelaksanaan pengabdian adalah memberikan beberapa solusi agar mampu mempertahankan keberlangsungan usaha yaitu efisiensi dalam mempertahankan usahanya, memanfaatkan adanya kebijakan New Normal, meningkatkan pengetahuan digital dan teknologi, peningkatan pengetahuan tentang perencanaan keuangan, pemahaman terhadap kebijakan pemerintah tentang pajak UMKM di masa pandemi, peningkatan penggunaan media sosial dan inovasi dalam menajalankan usaha. Kesimpulan kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat memberikan masukan-masukan kepada pelaku UMKM khususnya untuk strategi perencanaan keuangan pada masa pandemi dan bagaimana mengatasi permasalahan pelaku UMKM pada saat ini manajemen keuangan yang belum dikelola dengan baik dan belum memiliki dana darurat atau dana cadangan membuat pelaku UMKM harus melakukan efisiensi dalam menjalankan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-05

How to Cite

Susanti, A. ., Dewanti, Y. R. ., & Estiana, R. . (2021). STRATEGI PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK PENJUALAN DAN PAJAK UMKM DI MASA PANDEMI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 277–283. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.731

Issue

Section

Articles