Optimasi Bisnis Melalui Strategi Digitalisasi Pemasaran dan Pelaksanaan Pencatatan Akuntansi

Authors

  • I Wayan Gde Yogiswara Darma Putra Universitas Warmadewa
  • Ida Bagus Gde Indra Wedhanapurba Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • I Wayan Chandra Adyatma Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6914

Keywords:

Kelompok Wanita, Pertanian, Pendampingan

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki potensi besar dan sumber daya alam yang melimpah untuk produk pertanian. Namun dari adanya potensi tersebut, permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat desa yang mayoritas bertani sangat beragam. Umumnya, perempuan terdorong untuk mencari nafkah karena tuntutan ekonomi rumah tangga yang dapat disebabkan penghasilan suami yang kurang mencukupi kebutuhan keluarga. Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan suatu wadah yang memberikan kesempatan bagi kaum perempuan untuk ikut andil dalam memajukan sektor pertanian. Salah satu kegiatan yang bisa mengaktualisasi kaum perempuan yaitu dengan mengikuti organisasi-organisasi perempuan. KWT Pala Sarwa Nadi diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi perempuan di desa tersebut untuk menyalurkan kemampuannya dalam mengolah lahan pertanian dan melalui berbagai kegiatan yang diadakan oleh KWT dapat meningkatkan aktualisasi mereka di lingkungan sosialnya. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra meliputi: 1) Belum memiliki pembukuan 2) Belum memiliki sistem pemasaran 3) Belum memahami tata kelola perusahaan. 4) Belum memiliki label/brand. Solusi yang ditawarkan untuk masalah ini adalah 1) Melakukan pendampingan pembuatan pembukuan dan laporan keuangan sederhana serta dibuatkan sistem sederhana. 2) Membuatkan website dan sosial media serta memasarkan ke masyarakat luar. 3) Memberikan pelatihan mengenai penerapan tata kelola perusahaan. 4) Melakukan pembuatan branding dari produk yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Putra, I. W. G. Y. D., Wedhanapurba, I. B. G. I., & Adyatma, I. W. C. (2023). Optimasi Bisnis Melalui Strategi Digitalisasi Pemasaran dan Pelaksanaan Pencatatan Akuntansi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3278–3283. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6914

Issue

Section

Articles