Optimalisasi Digital Marketing dan Keuangan Sederhana Opak Oded Conggeang Sumedang

Authors

  • Henny Utarsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
  • Cecep Taufiqurrochman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6852

Keywords:

Digital Marketing, Laporan Keuangan Sederhana, Promosi

Abstract

Opak Oded merupakan makanan cemilan yang renyah berbentuk bulat pipih dengan rasa gurih. Saat ini Opak Oded masih merajai daftar oleh-oleh khas Conggeang Sumedang Jawa Barat. Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada mitra yang bergerak di bidang ekonomi produktif dengan menjadikan Opak Oded sebagai mitra yang merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini permasalahan yang sedang dihadapi, diantaranya : (1) dalam hal manajemen, usaha mitra belum dapat dikatakan efektif karena tidak memiliki perencanaan strategik dengan tujuan bisnis yang terukur dan juga belum dapat dikatakan efisien dalam sisi manajemen sumber daya terutama keuangan dan manusia, (2) dalam hal pemasaran mitra kesulitan dalam perluasan pasar yang disinyalir dikarenakan keterbatasan dalam hal produk, saluran distribusi, harga dan promosi, (3) dalam hal produksi, mitra masih memiliki sejumlah ketidaksesuaian dengan standarisasi. Oleh sebab itu, pengabdian ini ditujukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan adalah mengatasi setiap kendala yang dihadapi mitra melalui pemberian pelatihan, simulasi, pendampingan dan evaluasi kepada mitra mengenai digital marketing dan penyusunan laporan keuangan sederhana. Hasilnya adalah penerapan metode pengabdian memberikan hasil yang positif, sehingga mitra dapat mengimplementasikan digital marketing dan pencatatan keuangan sederhana dengan baik daripada sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Utarsih, H., & Taufiqurrochman, C. (2023). Optimalisasi Digital Marketing dan Keuangan Sederhana Opak Oded Conggeang Sumedang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3437–3442. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6852

Issue

Section

Articles