Pemanfaatan Multi Metode dalam Edukasi Gizi kepada Siswa SD Inpres Oepura 3, Kota Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6815Keywords:
edukasi gizi, siswa sekolah dasarAbstract
Siswa sekolah dasar mengalami dua masalah gizi, yaitu gizi kurang dan kelebihan gizi. Masalah gizi harus segera diatasi dengan dukungan semua pihak. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah gizi adalah melakukan edukasi gizi. Edukasi gizi harus dilaksanakan dengan metode yang menarik agar siswa tidak cepat bosan dan lebih mudah memahami materi edukasi. Edukasi gizi dapat mempengaruhi perilaku siswa yang berkaitan dengan gizi. Kegiatan edukasi dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2023 di SD Inpres Oepura 3, Kota Kupang. Edukasi gizi diberikan dalam tiga metode, yaitu ceramah, menonton video, dan bermain game. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 4 dan 5 dengan jumlah 100 orang. Para siswa diberikan materi tentang sarapan, makanan bergizi, serta masalah gizi dan cara pencegahannya. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa. Rata nilai pretest sebesar 50,8 dan rata-rata nilai posttest sebesar 73,5.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asweros Umbu Zogara, Maria Goreti Pantaleon, Maria FVDP Kewa Niron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work