Pemanfaatan Multi Metode dalam Edukasi Gizi kepada Siswa SD Inpres Oepura 3, Kota Kupang

Authors

  • Asweros Umbu Zogara Poltekkes Kemenkes Kupang
  • Maria Goreti Pantaleon
  • Maria FVDP Kewa Niron

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6815

Keywords:

edukasi gizi, siswa sekolah dasar

Abstract

Siswa sekolah dasar mengalami dua masalah gizi, yaitu gizi kurang dan kelebihan gizi. Masalah gizi harus segera diatasi dengan dukungan semua pihak. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah gizi adalah melakukan edukasi gizi. Edukasi gizi harus dilaksanakan dengan metode yang menarik agar siswa tidak cepat bosan dan lebih mudah memahami materi edukasi. Edukasi gizi dapat mempengaruhi perilaku siswa yang berkaitan dengan gizi. Kegiatan edukasi dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2023 di SD Inpres Oepura 3, Kota Kupang. Edukasi gizi diberikan dalam tiga metode, yaitu ceramah, menonton video, dan bermain game. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 4 dan 5 dengan jumlah 100 orang. Para siswa diberikan materi tentang sarapan, makanan bergizi, serta masalah gizi dan cara pencegahannya. Hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa. Rata nilai pretest sebesar 50,8 dan rata-rata nilai posttest sebesar 73,5.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Zogara, A. U., Pantaleon, M. G., & Niron, M. F. K. (2023). Pemanfaatan Multi Metode dalam Edukasi Gizi kepada Siswa SD Inpres Oepura 3, Kota Kupang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3517–3522. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6815

Issue

Section

Articles