IMPLEMENTASI PEMASARAN IKAN HIAS “SUB BETTA BROTHERS” MELALUI SOCIAL MEDIA DAN DIGITAL MARKETING

  • Nuril Esti Khomariah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: ikan hias, logo, digital, corel draw

Abstract

Ikan hias semakin popular dipasar lokal maupun pasar ekspor. Banyak sekali peternak yang mulai melirik untuk membudidayakan jenis-jenis ikan hias di Indonesia. Ikan hias air tawar termasuk dalam komoditas perikanan yang bisa dibudidayakan secara terus-menerus. Banyak sekali pedagang ikan hias yang membuka toko kecil untuk berjualan ikan hias mereka. Namun sebagian besar dari mereka berjualan secara tradisional yaitu dipasar atau ditoko. Semakin berkembangnya teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para pedagang ikan hias. SUB Betta Brothers adalah salah satu peternak dan pedagang ikan hias air tawar di Surabaya dan akan menjadi partner dalam kegiatan pengabdian ini. Tujuan utamanya adalah untuk memanfaatkan social media dan digital marketing untuk dapat mengembangkan usaha mitra. Permasalahannya adalah mitra belum menerapkan digital marketing dan social media. Mitra juga belum memiliki logo dan banner usaha. Maka dari itu tim pelaksana mengadakan sosialisasi dampak positif social media dan pelatihan pembuatan desain grafis logo dan banner. Hasil dari kegiatan ini adalah pemilik usaha memiliki pengetahuan dari dampak dan pemanfaatan scosial media pada pemasaran produk. Mitra mampu membuat logo dan banner sendiri. Setelah berjalan selama 2 bulan, Analisa yang kami dapatkan adalah omzet penjualan mitra naik dan pengunjung yang datang ke toko juga naik sekitar 400%. Selain itu usaha mitra memiliki daya saing yang lebih baik dari sebelumnya.

Published
2021-01-03
How to Cite
Nuril Esti Khomariah. (2021). IMPLEMENTASI PEMASARAN IKAN HIAS “SUB BETTA BROTHERS” MELALUI SOCIAL MEDIA DAN DIGITAL MARKETING. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 196-201. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.674
Section
Articles