Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Canva For Education Bagi Guru Bahasa SMA Se-kecamatan Ternate Utara
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6632Abstract
Di era digital ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari pendidikan, dan guru-guru perlu memiliki keterampilan dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan berinteraksi dengan siswa. Salah satu media digital yang dapat digunakan dalam menciptkan materi pembelajaran yang menarik yaitu Canva For Education. Canva For Education adalah alat desain grafis berbasis web yang menyediakan fitur yang memungkinkan guru untuk membuat materi pembelajaran yang menarik seperti, presentasi, poster, infografis, dan lainnya. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kepada guru-guru bahasa di SMA Kecamatan Ternate Utara terkait penggunaan media canva. Tujuan kegiatan PKM ini yaitu untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoptimalkan potensi canva dalam pembelajaran, dan mengajarkan cara membuat materi pembelajaran yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pendampingan ini mencakup bimbingan individu atau kelompok kecil kepada guru-guru dalam merencanakan, membuat, dan menggunakan materi pembelajaran Canva dengan efektif. Pendampingan juga memungkinkan guru untuk berbagi pengalaman dan ide-ide kreatif dalam penggunaan Canva. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan berinteraksi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi dan pencapaian siswa. Serta membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat SMA, dan memberikan gambaran tentang manfaat penggunaan teknologi ini dalam pendidikan.
Keywords:
Media Digital, Pendampingan, Canva For EducationDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adriani, Sasmayunita, Aswal Salewangeng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work