PEMANFAATAN MENARA HANOI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI SMP 11 KOTA CIREBON

  • Nurul Ikhsan Karimah Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Setiyani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Jajo Firman Raharjo Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
Keywords: menara hanoi, pola bilangan, media pembelajaran

Abstract

Keefektifan pembelajaran di kelas dapat dilihat dariĀ  ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pemilihan metode mengajar akan mempengaruhi media atau alat peraga yang akan digunakan. Kenyataannya, penggunaan alat peraga masih sering diabaikan dengan berbagai alasan, antara lain keterbatasan alat peraga yang tersedia, kekurangcakapan dalam menggunakan media pembelajaran, dan biaya. Hal tersebut dapat diantisipasi jika setiap guru dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan menciptakan suatu media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu menara Hanoi. Metode yang digunakan pada PkM ini yaitu implementasi alat peraga yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup penyiapan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat Menara Hanoi, koordinasi dengan pihak sekolah, teman sejawat dan mahasiswa yang terlibat. Tahap pelaksanaan meliputi penerapan menara Hanoi pada pembelajaran dan penjelasan penggunaan Menara Hanoi kepada guru. Tahap evaluasi terdiri dari pengisian angket respons siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Menara Hanoi.

Published
2021-02-16
How to Cite
Karimah, N. I., Setiyani, S., & Raharjo, J. F. (2021). PEMANFAATAN MENARA HANOI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI SMP 11 KOTA CIREBON. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 396-401. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657
Section
Articles