PEMANFAATAN MENARA HANOI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI SMP 11 KOTA CIREBON

Abstract Views : 685 / Downloads Count: 577

Authors

  • Nurul Ikhsan Karimah Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Setiyani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Jajo Firman Raharjo Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657

Keywords:

menara hanoi, pola bilangan, media pembelajaran

Abstract

Keefektifan pembelajaran di kelas dapat dilihat dari  ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pemilihan metode mengajar akan mempengaruhi media atau alat peraga yang akan digunakan. Kenyataannya, penggunaan alat peraga masih sering diabaikan dengan berbagai alasan, antara lain keterbatasan alat peraga yang tersedia, kekurangcakapan dalam menggunakan media pembelajaran, dan biaya. Hal tersebut dapat diantisipasi jika setiap guru dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan menciptakan suatu media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu menara Hanoi. Metode yang digunakan pada PkM ini yaitu implementasi alat peraga yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup penyiapan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat Menara Hanoi, koordinasi dengan pihak sekolah, teman sejawat dan mahasiswa yang terlibat. Tahap pelaksanaan meliputi penerapan menara Hanoi pada pembelajaran dan penjelasan penggunaan Menara Hanoi kepada guru. Tahap evaluasi terdiri dari pengisian angket respons siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Menara Hanoi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-16

How to Cite

Karimah, N. I. ., Setiyani, S., & Raharjo, J. F. . (2021). PEMANFAATAN MENARA HANOI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI SMP 11 KOTA CIREBON. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 396–401. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657

Issue

Section

Articles