PEMANFAATAN MENARA HANOI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI SMP 11 KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.657Abstract
Keefektifan pembelajaran di kelas dapat dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pemilihan metode mengajar akan mempengaruhi media atau alat peraga yang akan digunakan. Kenyataannya, penggunaan alat peraga masih sering diabaikan dengan berbagai alasan, antara lain keterbatasan alat peraga yang tersedia, kekurangcakapan dalam menggunakan media pembelajaran, dan biaya. Hal tersebut dapat diantisipasi jika setiap guru dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan menciptakan suatu media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu menara Hanoi. Metode yang digunakan pada PkM ini yaitu implementasi alat peraga yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup penyiapan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat Menara Hanoi, koordinasi dengan pihak sekolah, teman sejawat dan mahasiswa yang terlibat. Tahap pelaksanaan meliputi penerapan menara Hanoi pada pembelajaran dan penjelasan penggunaan Menara Hanoi kepada guru. Tahap evaluasi terdiri dari pengisian angket respons siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Menara Hanoi.
Keywords:
menara hanoi, pola bilangan, media pembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work