PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA KELOMPOK MUSYAWAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) MATEMATIKA SMP KABUPATEN CIREBON

  • Ika Wahyuni Prodi Pendidikan Matematika Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Neneng Aminah Universitas Swadaya Gunung Jati
Keywords: karya tulis ilmiah, guru profesional

Abstract

Mitra pada kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah guru SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Dari hasil wawancara dan survei ternyata masih banyak guru lama dengan golongan IVb dan guru baru dengan kepangkatan IIIb/c yang terhenti kepangkatannya salah satunya dikarenakan adanya tuntutan yang wajib mempublikasikan karya tulis ilmiah yang dipublikasikan pada kegiatan seminar maupun Jurnal nasional ber ISSN, ternyata mereka belum percaya diri dan merasa kesulitan untuk memulai menulis karya ilmiah yang selanjutkan harus dipublikasikan pada seminar atau jurnal ber ISSN. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan pelatihan penulisan karya ilmiah, yang selanjutnya dipublikasikan guna mengembangkan profesionalisme guru. Solusi dari permasalahan yang  akan ditangani dalam kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan membuat karya tulis ilmiah.Target khusus dari kegiatan PKM ini adalah meningkatnya kemampuan guru pada MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon dalam membuat karya tulis ilmiah. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra adalah dengan cara mengadakan pelatihan melalui kegiatan Webinar “Penulisan Artikel Ilmiah”. Kegiatan Webinar ini selain dikuti oleh guru, juga dikuti oleh mahasiswa dan dosen sebanyak 303 peserta yang dari berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Published
2021-01-02
How to Cite
Wahyuni, I., & Aminah, N. (2021). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA KELOMPOK MUSYAWAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) MATEMATIKA SMP KABUPATEN CIREBON . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 131-134. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.655
Section
Articles