Pengembangan E-Raport untuk Meningkatkan Pelayanan Pelaporan Nilai Siswa Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) Kab Minahasa
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6518Keywords:
raport online, pengabdian masyarakat, pengembangan sistemAbstract
Berdasarkan kurikulum pembelajaran 2013, penggunaan pelaporan nilai elektronik / e-rapor merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pada pendidikan yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). hal tersebut terbukti secara bertahap pada kota-kota besar di Indonesia E-Rapor sudah diharuskan diterapkan pada berbagai jenjang pendidikan. Penerapan E-Rapor diharapkan mampu memberikan transparansi penilaian dan komitmen pengajar dalam memberikan penilaian sesuai dengan kewajibannya. Namun demikian bagi daerah-daerah yang berada diluar kota besar khususnya pulau Jawa, masih banyak kebijakan-kebijakan yang masih sulit diimplementasikan dikarenakan faktor infrastruktur dan juga kendala biaya. Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) merupakan kelompok taman kanak-kanak (TK) yang beranggotan beberapa TK seKabupaten Minahasa. Selama ini anggota KKRA dalam memberikan rapor bagi siswa masih manual dengan mengumpulkan seluruh hasil karya harian siswa dan disatukan dengan penilaian lain yang akan diberikan pada akhir semester, hal ini tentu kurang efektif karena dengan banyaknya proses latihan dan belajar berakibat pada rapor yang diberikan terlalu tebal dan memakan banyak biaya, selain itu dengan sistem pelaporan hasil belajar siswa setiap harinya kepada wali siswa yang diberikan pada akhir semester dirasa kurang efektif dikarenakan wali tidak bisa langsung memberikan bantuan belajar siswa dirumah berdasarkan apa yang dilakukan disekolah setiap harinya. E-rapor selain menjadikan proses pendidikan lebih efektif dan mampu meningkatkan proses pembelajaran, diharapkan juga mampu menjadi inovasi bagi sekolah khususnya taman kanak-kanak yang selama ini masih dianggap menjadi jenjang pendidikan yang kurang perlu untuk diperhatikan. Target luaran yang akan dicapai diantaranya kelompok KKRA mampu memberikan pelayanan berupa pelaporan pertumbuhan anak di sekolah secara rutin setiap harinya serta rapor yang diberikan sudah berupa digital dan lebih mudah dalam pengarsipan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pujo Hari Saputro, Wahyuni Fithratul Zalmi, Reinhard Komansilan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work