Strategi Pemasaran Online untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berbasis UMKM Kain Tenunan di Desa Toobaun, Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6405Keywords:
Pemasaran Online, Kain TenunAbstract
Artikel ini membahas pengaruh positif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap ekonomi Indonesia, dengan fokus pada upaya mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023 di Desa Toobaun. Melalui kegiatan Sosialisasi dan Pemasaran Online, mahasiswa mendukung UMKM Kain Tenunan desa melalui media sosial. Strategi pemasaran online dianggap penting untuk memperluas pasar dan mengatasi kendala dalam memasarkan produk kain tenun, dengan upaya juga difokuskan pada pengembangan motif dan desain menarik serta mengikuti tren konsumen. Metode kegiatan melibatkan observasi, pengenalan pemasaran online, dan penyusunan materi promosi digital. Artikel menyoroti keberhasilan pendekatan terintegrasi mahasiswa dan UMKM, dengan peran penting brosur dalam memberikan informasi kepada konsumen dan mempermudah komunikasi antara pengusaha dan konsumen. Penerapan strategi ini berpotensi meningkatkan perekonomian lokal dan nasional melalui perkembangan UMKM dan pemasaran produk tradisional secara lebih luas di era digital
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Romualdus Wihelmus Mega Sangu, Anggraeny Paridy, Vera Suryani Hamid, Bernardino Realino Kehi, Raynaldo Jaka Praeng, Stanis Man, Mariano Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work