Penguatan Daya Saing UMKM Pengepul Buah Mangga di Kabupaten Majalengka dengan Memanfaatkan Pemasaran Digital

Authors

  • Eddy Soeryanto Soegoto Program Doktor Ilmu Manajemen UNIKOM, Bandung, Indonesia
  • Umi Narimawati Program Doktor Ilmu Manajemen UNIKOM, Bandung, Indonesia
  • Herman Soegoto Program Doktor Ilmu Manajemen UNIKOM, Bandung, Indonesia
  • Muhammad Iffan Universitas Komputer Indonesia
  • Windi Novianti Program Doktor Ilmu Manajemen UNIKOM, Bandung, Indonesia
  • Deni Nurdiansyah Program Doktor Ilmu Manajemen UNIKOM, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.6213

Abstract

UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka menghadapi berbagai tantangan dalam persaingan pasar yang ketat. UMKM tersebut kesulitan untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan besar karena ketergantungan pada strategi pemasaran konvensional, akses pasar yang terbatas, dan kurangnya visibilitas. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka tentang konsep pemasaran digital dan cara menggunakannya untuk meningkatkan daya saing usaha. Pengabdian masyarakat dilakukan dalam beberapa tahap yang direncanakan dan terstruktur, seperti persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setiap tahap bertanggung jawab atas keberhasilan dan dampak positif dari kegiatan pengabdian. Dengan diselenggarakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka dapat terus berkembang dan menghadapi persaingan dengan menggunakan teknologi dan memaksimalkan pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing. Pada akhirnya, dengan menggunakan teknologi dan pemasaran digital, UMKM pengepul buah mangga di Kabupaten Majalengka diharapkan dapat meningkatkan akses pasar, visibilitas, efisiensi operasional, dan memaksimalkan penjualan

Keywords:

Pemasaran Digital, Daya Saing, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 127
Downloads Count: 137

Published

2023-07-30

How to Cite

Soegoto, E. S., Narimawati, U., Soegoto, H., Muhammad Iffan, Novianti, W., & Nurdiansyah, D. (2023). Penguatan Daya Saing UMKM Pengepul Buah Mangga di Kabupaten Majalengka dengan Memanfaatkan Pemasaran Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2371–2377. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.6213

Issue

Section

Articles