Sosialisasi Dan Pelatihan Permainan Boneka Tangan Sebagai Media Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6181Abstract
Sikap percaya diri sangat penting ditanamkan pada peserta didik agar ia tumbuh menjadi sosok yang mampu mengembangkan potensi dirinya. Akan tetapi di SD AL-Islam 2 Jamsaren banyak ditemui bahwa siswa kelas IV memiliki rasa percaya diri yang cukup rendah. Mereka masih malu untuk bersosialisasi, bertanya saat pembelajaran dan kurang bangga terhadap dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi yang kurang mendorong siswa untuk lebih percaya diri. Permainan bonela tangan merupakan salah satu media ntuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk mendampingi para siswa kelas IV SD AL-Islam 2 Jamsaren untuk menggunakan media permainan boneka tangan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa kelas IV SD AL-Islam 2 Jamsaren Surakarta menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif siswa setiap kegiatan berlangsung. Oleh karenanya sangat diperlukan keberlanjutan dari kegiatan ini untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas IV SD AL-Islam 2 Jamsaren Surakarta
Keywords:
permainan boneka tangan, percaya diri siswaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eny Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work