Sosialisasi Dan Pelatihan Permainan Boneka Tangan Sebagai Media Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Authors

  • Eny Kusumawati Univeritas Tunas Pembangunan Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6181

Keywords:

permainan boneka tangan, percaya diri siswa

Abstract

Sikap percaya diri sangat penting ditanamkan pada peserta didik agar ia tumbuh menjadi sosok yang mampu mengembangkan potensi dirinya. Akan tetapi di SD AL-Islam 2 Jamsaren banyak ditemui bahwa siswa kelas IV memiliki rasa percaya diri yang cukup rendah. Mereka masih malu untuk bersosialisasi, bertanya saat pembelajaran dan kurang bangga terhadap dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi yang kurang mendorong siswa untuk lebih percaya diri.  Permainan bonela tangan merupakan salah satu media ntuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk mendampingi para siswa kelas IV SD AL-Islam 2 Jamsaren untuk  menggunakan media permainan boneka tangan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.  Hasil dari kegiatan ini adalah siswa kelas IV SD AL-Islam 2 Jamsaren Surakarta menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif siswa setiap kegiatan berlangsung. Oleh karenanya sangat diperlukan keberlanjutan dari kegiatan ini untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas IV SD AL-Islam 2 Jamsaren Surakarta

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

Kusumawati, E. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Permainan Boneka Tangan Sebagai Media Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3111–3117. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6181

Issue

Section

Articles