Edukasi Basic Android Dalam Mendukung Pembelajaran Pada Siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme

Authors

  • Putri Aisyiyah Rakhma Devi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Harunur Rosyid Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5906

Abstract

Android merupakan sistem operasi pada smartphone bersifat open source dan didasarkan pada sistem operasi Linux. Android dapat digunakan oleh siapa saja di perangkat mereka. Android menyediakan platform terbuka untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan di berbagai perangkat seluler. Karena minimnya pengetahuan siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme tentang android membuat siswa belum mengetahui manfaat teknologi android dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa belum mampu membuat suatu aplikasi berbasis android sederhana karena siswa belum memahami dasar dari android itu sendiri. Metode yang diterapkan adalah metode edukasi dengan memberikan materi dan pelatihan baik hard skill maupun soft skill. Hasil kegiatan tentang pengenalan adroid  pada siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme berdasarkan pengamatan di lapangan padasaat narasumber menjelaskan materi, siswa sangat antusias bertanya. Terbukti dari 54 siswa yang mengikuti, 35 siswa telah memperoleh nilai yang baik, hal ini dapat disimpulkan bahwa 65% memenuhi indikator keberhasilan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan kedepannya siswa SMA Muhammadiyah 8 cerme mampu membuat aplikasi Android sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan membantu memecahkan masalah secara individu maupun sekolah dengan menggunakan teknologi secara positif.

Kata Kunci: , Edukasi, Pengabdian masyarakat

Keywords:

Android, Edukasi, Pengabdian masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 65
Downloads Count: 50

Published

2023-07-19

How to Cite

Devi, P. A. R., & Rosyid, H. (2023). Edukasi Basic Android Dalam Mendukung Pembelajaran Pada Siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2201–2206. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5906

Issue

Section

Articles