PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BANTUL

  • T Heru Nurgiansah Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Guru merupakan tenaga pendidik yang profesional dengan tugas utamanya mengajar, membimbing, melatih dan mengevaluasi. Guru juga berperan sebagai mediator, fasilitator, dan motivator. Dalam menjalankan tugasnya di kelas, sering terjadi permasalahan belajar seperti rendahnya motivasi belajar siswa, siswa tidak aktif dan berpartisipatif, dan prestasi belajar yang kurang memuaskan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka guru harus bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas baik secara mandiri maupun secara kolaboratif. Namun tidak semua guru mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih dan membekali guru agar bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Metode yang digunakan adalah praktik langsung dengan memberikan teori terlebih dahulu dengan metode ceramah dan tanya jawab. Setelah mengikuti pelatihan ini, guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Dengan demikian penabdian berupa pelatihan ini sangat berguna dan memberikan manfaat bagi guru dalam mengembangkan kompetensinya sehingga mampu menyelesaikan permasalahan belajar.

Published
2021-01-01
How to Cite
Nurgiansah, T. H. (2021). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BANTUL. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28-33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Section
Articles