MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN HOME INDUSTRY TAPE KETAN DI DESA HEULEUT KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.487Abstract
Desa Heuleut Kecamatan Kadipaten memiliki potensi UMKM yang cukup baik salah satunya menjadi produk andalan adalah home industry produk tape, dan dengan adanya UMKM tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan di Desa Heuleut. Namun disisi lain UMKM tersebut belum mengarah dan fokus pada pengembangan ekonomi di Desa Heuleut khususnya untuk produk tape, sehingga dalam pengembangan usaha sering terkendala oleh beberapa hal. Para pelaku UKM berpotensi untuk mengembangkan usaha, namun terdapat beberapa permasalahan antara lain : terbatasnya bahan baku, pengemasan tape ketan masih belum maksimal, pemasaran masih dilakukan dengan cara berkeliling di Desa Heuleut dan untuk pembuatan tape ketan masih di lakukan secara manual (Home Industy). Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi dan edukasi pengelolaan pemasaran, packaging dan pemberian link penyediaan bahan baku, maka pelaku UKM Desa Heuleut dapat dicarikan solusi terkait permasalahan yang ada.
Keywords:
kualitas pemasaran, desa heuleut, ukmDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work