Edukasi Online Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Olahan Produk UMKM Desa Mukai Mudik
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4826Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pelaku UMKM di Desa Mukai Mudik terkait pemasaran online. Saat ini para pelaku UMKM yang ada di Desa Mukai Mudik masih menggunakan metode manual dalam pemasaran produknya, adapun cara yang saat ini dipakai adalah menitipkan produk ke warung-warung setempat, cara ini tidak dirasa tidak efektif oleh pelaku UMKM karena omset dan jangkaua konsumen relative sedikit. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan ini berupa survey, sosialisasi, dan praktik. Tahapan survey dimulai dengan berdiskusi langsung bersama Kepala Desa dan beberapa masyarakat Desa Mukai Mudik untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM. Pemberian materi secara tatap muka dan dilakukan secara bergilirian oleh narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dan peserta agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan. Dari diskusi ini antara peserta dan pemateri bisa saling berbagi pengalaman maupun permasalahan yang dihadapi, terakhir dilakukan praktik pemasaran dan promosi menggunakan online marketing. Hasil dari pengabdian ini pengetahuan peserta dalam hal ini masyarakat Desa Mukai Mudik pengelolaan UMKM dan pemasaran online produk talas sebelum kegiatan pengabdian ini mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan pengabdian ini dilaksanakan diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai pemasaran digital online semakin meningkat
Keywords:
Online Marketing, UMKM, Mukai MudikDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 hamsiah, Kurniati Karim, Adji Purnama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work