Edukasi Online Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Olahan Produk UMKM Desa Mukai Mudik

Authors

  • hamsiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Kurniati Karim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Adji Purnama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4826

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pelaku UMKM di Desa Mukai Mudik terkait pemasaran online. Saat ini para pelaku UMKM yang ada di Desa Mukai Mudik masih menggunakan metode manual dalam pemasaran produknya, adapun cara yang saat ini dipakai adalah menitipkan produk ke warung-warung setempat, cara ini tidak dirasa tidak efektif oleh pelaku UMKM karena omset dan jangkaua konsumen relative sedikit. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan ini berupa survey, sosialisasi, dan praktik. Tahapan survey dimulai dengan berdiskusi langsung bersama Kepala Desa dan beberapa masyarakat Desa Mukai Mudik untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM. Pemberian materi secara tatap muka dan dilakukan secara bergilirian oleh narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dan peserta agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan. Dari diskusi ini antara peserta dan pemateri bisa saling berbagi pengalaman maupun permasalahan yang dihadapi, terakhir dilakukan praktik pemasaran dan promosi menggunakan online marketing. Hasil dari pengabdian ini pengetahuan peserta dalam hal ini masyarakat Desa Mukai Mudik pengelolaan UMKM dan pemasaran online produk talas sebelum kegiatan pengabdian ini mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan pengabdian ini dilaksanakan diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai pemasaran digital online semakin meningkat

Keywords:

Online Marketing, UMKM, Mukai Mudik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 112
Downloads Count: 125

Published

2023-04-04

How to Cite

hamsiah, Karim, K., & Purnama, A. (2023). Edukasi Online Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Olahan Produk UMKM Desa Mukai Mudik . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1189–1194. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4826

Issue

Section

Articles