PELATIHAN PENYUSUNAN TATA KERJA DAN ANALISIS EVALUASI PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH

Authors

  • Sofyan Sofyan FKIP Universitas Jambi
  • Bradley Setiyadi FKIP Universitas Jambi
  • Harlina Harja FKIP Universitas Jambi
  • Siti Rahma Sari FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.465

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan-kegiatann yang dilakukan oleh sekolah sudah semestinya didasarkan pada tata kerja yang ada. Dari sini berperan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan terakhir evaluasi. Setiap program kegiatan yang dilaksanakan sudah semestinya dilakukan kegiatan evaluasi untuk melihat sejauh mana manfaat suatu program kegiatan beserta kekurangan-kekurangan dan hambatan-hambatan yang ada. Penyusunan tata kerja sekolah merupakan langkah untuk membuat suatu perencanaan terhadap program-program kegiatan sekolah. Selain itu, penyusunan tata kerja sekolah juga merupakan prosedur kerja bagi setiap warga sekolah dalam melaksanakan pekerjaan sesuai tugas, pokok dan fungsinya. Analisis evaluasi terhadap program kegiatan sekolah merupakan upaya kontrol untuk melihat sejuah mana program kegiatan sekolah dijalankan serta manfaatnya bagi perkembangan sekolah tersebut. Evaluasi merupakan sebuah perbaikan dan penyempurnaan serta penilaian apakah suatu program kegiatan sekolah dapat diteruskan atau tidak perlu dilanjutkan. Pelatihan Penyusunan Tata Kerja dan Analisis Evaluasi Sekolah ini dipandang penting dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah yang juga berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan. Hasil akhir dari pengabdian ini akan sangat berguna bagi pengambil kebijakan dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Keywords:

tata kerja, evaluasi, kinerja sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1337
Downloads Count: 1159

Published

2020-10-01

How to Cite

Sofyan, S., Setiyadi, B., Harlina Harja, & Sari , S. R. (2020). PELATIHAN PENYUSUNAN TATA KERJA DAN ANALISIS EVALUASI PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 417–425. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.465

Issue

Section

Articles