PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA SEJARAH TERHADAP SUMBER PRIMER MELALUI KUNJUNGAN DAN SOSIALISASI DI DEPO ARSIP DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN CIREBON

Abstract Views : 634 / Downloads Count: 525

Authors

  • Aditia Muara Padiatra IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Juhaeriyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.463

Keywords:

Literacy, Students, History, Archives, Primary Sources

Abstract

Sumber dalam sejarah menempati posisi yang penting, ketiadaan sumber sendiri mengakibatkan narasi sejarah tidak akan dapat dilakukan dan hanya sebatas pengkisahan tanpa berdasarkan pada dasaran yang jelas, berhubung sejarah tidak akan ditulis tanpa adanya sumber yang menyertainya. Begitu krusialnya arti sumber ini, maka pemahaman literasi terkait dengan sumber ini menjadi penting untuk dilakukan. Mahasiswa sejarah sebagai garda terdepan dari generasi baru para sejarawan dimasa mendatang perlu untuk mengetahui bagaimana bentuk dan posisi penting dari sumber tersebut. Berkaitan dengan hal itu, maka sosialisasi dan kunjungan pengabdian ke depo arsip dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Cirebon kemudian dilakukan, dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa sebagian mahasiswa mempunyai minat yang besar terhadap pengetahuan arsip dan dari kegiatan tersebut terjadi peningkatan literasi mahasiswa mengenai tata kelola kearsipan dan fungsi arsip dalam telaahnya sebagai sumber primer dalam keilmuan sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Padiatra, A. M., & Juhaeriyah. (2020). PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA SEJARAH TERHADAP SUMBER PRIMER MELALUI KUNJUNGAN DAN SOSIALISASI DI DEPO ARSIP DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN CIREBON. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 396–403. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.463

Issue

Section

Articles