PENINGKATAN LITERASI MAHASISWA SEJARAH TERHADAP SUMBER PRIMER MELALUI KUNJUNGAN DAN SOSIALISASI DI DEPO ARSIP DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.463Abstract
Sumber dalam sejarah menempati posisi yang penting, ketiadaan sumber sendiri mengakibatkan narasi sejarah tidak akan dapat dilakukan dan hanya sebatas pengkisahan tanpa berdasarkan pada dasaran yang jelas, berhubung sejarah tidak akan ditulis tanpa adanya sumber yang menyertainya. Begitu krusialnya arti sumber ini, maka pemahaman literasi terkait dengan sumber ini menjadi penting untuk dilakukan. Mahasiswa sejarah sebagai garda terdepan dari generasi baru para sejarawan dimasa mendatang perlu untuk mengetahui bagaimana bentuk dan posisi penting dari sumber tersebut. Berkaitan dengan hal itu, maka sosialisasi dan kunjungan pengabdian ke depo arsip dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Cirebon kemudian dilakukan, dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa sebagian mahasiswa mempunyai minat yang besar terhadap pengetahuan arsip dan dari kegiatan tersebut terjadi peningkatan literasi mahasiswa mengenai tata kelola kearsipan dan fungsi arsip dalam telaahnya sebagai sumber primer dalam keilmuan sejarah.
Keywords:
Literacy, Students, History, Archives, Primary SourcesDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work